Daftar Bank yang akan Merger di Tahun Depan, di Antaranya BTPN dan Danamon

Tahun 2019 akan menjadi tahun konsolidasi bagi perbankan di Tanah Air. Sebab, banyak investor asing yang tengah melakukan proses akuisisi dan merger

Daftar Bank yang akan Merger di Tahun Depan, di Antaranya BTPN dan Danamon
Shutterstock
Bank 

BANGKAPOS.COM  - Tahun 2019 akan menjadi tahun konsolidasi bagi perbankan di Tanah Air. Sebab, banyak investor asing yang tengah melakukan proses akuisisi dan merger dengan perbankan di Indonesia.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan setidaknya akan ada tiga bank hasil merger di tahun 2019.

Bank tersebut antara lain, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI), kemudian PT Bank Danamon Indonesia Tbk dengan Bank Tokyo Mitshubishi UFJ (MUFG) bersama dengan PT Bank Nusa Parahyangan (BNP).

Disamping itu, rencana merger antara PT Bank Dinar Indonesia Tbk dan PT Bank Oke Indonesia juga dikabarkan bakal terealisasi pada tahun 2019 mendatang. 

Khusus untuk BTPN dan SMBCI, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana menjelaskan saat ini kedua belah pihak tengah menunggu persetujuan dari pemegang saham dan investor dari Jepang.

"BTPN dan SMBCI akan terjadi tahun ini (persetujuan) kalau tidak ya meleset di tahun depan. Mereka (BTPN dan SMBCI) masih menunggu persetujuan OJK-nya Jepang (Japan FSE). MUFG yang akan minta persetujuan dengan Jepang," ujarnya Rabu (19/12) pekan lalu.

Meski begitu, Heru menyebut bila sesuai target, surat persetujuan penggabungan BTPN dan SMBCI ini diproyeksi selesai tahun ini.

Sementara itu, dalam keterangan resminya BTPN membenarkan bahwa pihaknya sudah mendapatkan izin dari OJK untuk melaksanakan proses penggabungan usaha alias/merger.

Adapun, ringkasan rancangan penggabungan usaha kedua bank tersebut memang sebelumnya telah dipublikasikan pada 2 Agustus 2018, serta tambahan informasi pada 3 September 2018 dan 3 Oktober 2018.

Usai mengantongi persetujuan OJK, BTPN menegaskan masih ada beberapa tahapan proses administrasi yang harus dilalui pada otoritas-otoritas terkait. Setelah tahap ini terlewati, maka bank baru hasil merger BTPN dapat diperbolehkan beroperasi.

Halaman
123
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved