DPPP Bangka Selatan Produksi Beras dan Bawang Merah

Produksi beras petani di Kabupaten Bangka Selatan meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu sebanyak 10.120 ton.

DPPP Bangka Selatan Produksi Beras dan Bawang Merah
Shutterstock
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Produksi beras petani di Kabupaten Bangka Selatan meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu sebanyak 10.120 ton.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan (DPPP) Bangka Selatan, Suhadi mengatakan sampai saat ini produksi padi di delapan kecamatan di Basel mencapai 15.652 ton.

Menurutnya peningkatan terjadi seiring dengan digencarkannya program swasembada beras di Bumi Junjung Besaoh.

Selain itu sejalan dengan peningkatan luas tanam yang mencapai 11 ribu Hektare (Ha) dari tahun sebelumnya hanya sekitar 9.000 Ha tersebar di delapan kecamatan. Namun yang paling luas 3.600 Ha di Kecamatan Toboali.

"Alhamdulillah tahun ini produksi beras di Bangka Selatan telah mengalami peningkatan sekitar 54 persen dari produksi tahun sebelumnya," ujar Suhadi didampingi Sekretaris DPPP Basel, Rizal.

Lanjut Suhadi, saat ini luas panen beras ada sekitar 7.204 Ha. Sedangkan sawah yang gagal panen pada tahun 2018 ini ada sekitar 1042 Ha.

"Dari 200.275 jiwa penduduk saat ini, produksi beras petani baru bisa mencukupi 67 persen kebutuhan masyarakat dan sisanya masih kami datangkan dari luar Pulau Bangka baik dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera," katanya.

Selain meningkatkan produksi beras, saat ini pihaknya juga tengah menggalakan produksi bawang merah. Saat ini menurut Suhadi, pihaknya telah melakukan ucicoba penanaman bawang dilahan seluas 6 Ha.

"Selain berupaya meningkatkan produksi beras, tahun ini kami juga tengah mengembangkan potensi tanaman bawang merah. Tahun ini penanaman sudah mencapai 6 Ha," ucapnya. (adv/ara/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved