Advertorial

Upacara Adat Bugis di Batu Belubang Harus Dilestarikan

Pemerintah Desa Batu Belubang yang bekerjasama dengan KKSS Babel menggelar Acara Adat Bugis Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS)

Upacara Adat Bugis di Batu Belubang Harus Dilestarikan
Ist
Hj Yulinar hadir di uapcara adat Bugis di Desa Batu Belubang, Minggu (23/12/2018) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Pemerintah Desa Batu Belubang yang bekerjasama dengan KKSS Babel menggelar Acara Adat Bugis Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Minggu (23/12/2018).

Gubernur Bangka belitung Erzaldi Rosman dalam sambutannya mengatakan bahwa beberapa tahun sebelumnya Upacara Adat Syukuran pantai ini sudah beberapa kali dilaksanakan di Desa Batu belubang.

Hj Yulinar salah satu tokoh masyarakat yang berdarah Bugis-Melayu yang ikut hadir mengatakan warga Bugis di Bangka Belitung sebagian besar menetap di daerah pesisir. Mengandalkan mata pencaharian  dari hasil Laut yang berlimpah di Bangka Belitung.

Wajar jika selalu menjalankan upacara adat sebagai ungkapan syukur batas rezeki dan nikmat yang didapat sepanjang tahun dari hasil didapat dari laut.

"Warga keturunan Bugis di Bangka Belitung cukup banyak bagiamana kedepannya mereka ini dapat ikut serta membangun di Bangka Belitung dan juga mendapatkan perhatian seperti acara adat ini harus dilestarikan karena berpotensi dikembangkan dan menjadi ikon budaya," kata Hj Yulinar.

Kedepannya potensi potensi masyarakat pesisir di Bangka Belitung harus terus dikembangkan dan mendapatkan dukungan penuh.

Apalagi sejalan dengan pemerintah daerah yang ingin mengembangkan potensi hasil tangkapan laut sebagai andalan selain pariwisata pasca tambang.

"Potensi ini dimiliki oleh masyarakat Bugis dan masyarakat lainnya di pesisir Bangka Belitung sejalan cita cita mengembangkan potensi hasil laut dan pariwisata pasca tambang," kata Hj Yulinar.

Upacara yang dilaksanakan dengan  melakukan pengarungan kapal finisi miniatur ke laut oleh tokoh adat setempat.

Erzaldi Rosman mengatakan beberapa tahun yang lalu yaitu pernah meminta tanah hibah untuk Pembangunan Rumah adat Bugis KKSS tapi sampai sekarang belum terlaksana dikarenakan lahan yang dihibahkan belum ada.

Halaman
12
Penulis: deddy_marjaya
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved