Cegah Korupsi Pejabat Diwajibkan Memiliki Sertifikat Pengadaan Barang dan Jasa

Mulai tahun 2019 mendatang semua ASN baik pejabat struktural lingkungan Pemprov Babel diwajibkan untuk memiliki sertifikat

Cegah Korupsi Pejabat Diwajibkan Memiliki Sertifikat Pengadaan Barang dan Jasa
Bangka Pos/Krisyanidayati
Sekda Babel, Yan Megawandi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi mengatakan mulai tahun 2019 mendatang semua ASN baik pejabat struktural lingkungan Pemprov Babel diwajibkan untuk memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa.

Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana korupsi, sehingga para pejabat pengadaan barang dan jasa mulai dari perencanaan hingga penggunaannya sesuai dengan aturan.

"Di 2019 semau eselon mulai dari I-IV diwajibkan memiliki sertifikasi pengadaan barang dan jasa, sehingga pejabat struktural pahama betul mekanisme tata cara pengadaan barang dan jasa," kata Yan, belum lama ini.

Menurutnya, akan ada sekitar 700 lebih pejabat struktural yang akan mengantongi sertifikat pengadaan barang dan jasa yang dikeluarkan oleh LKPP. Dengan begitu, potensi terjadi korupsi dalam pengadaan barang dan jasa dapat diminimalisir.

"Kalau orang sudah tau persyaratan, sistem pengadaan barang dan jasa dia kan lebih hati-hati saat mengawal semuanya kegiatan yang dikelolanya," tambahnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga memperkuat Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Pemeriksaan berkala yang dilakukan Inspektorat dan BPKP dibantu APIP diyakini dapat memperkecil potensi korupsi.

"Kita terus mengawal APIP agar melakukan pengawasan maksimal, sehingga dapat mencegah korupsi," tambahnya.

Yan berharap kabupaten/kota juga dapat memaksimalkan peran APIP, sehingga dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

"Kita utamakan pengawasan internal, jangan sampai terjadi tindak pidana korupsi apalagi dalam pengadaan barang dan jasa," tambahnya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved