Video : Gelar Aksi Demo, Perwakilan Petani Desa Mabat Minta Bupati Selesaikan Konflik dengan PT THEP

Walaupun hari ini petani telah dikalahkan pemda khususnya Kabupaten Bangka memiliki hak dan kewenangan menyelesaikan

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Perwakilan masyarakat dari Desa Mabat Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka melakukan aksi demontrasi, Kamis (27/12/2018) di Kantor Bupati Kabupaten Bangka.

Aksi Demontrasi ini mereka lakukan, setelah melakukan aksi serupa di DPRD Kabupaten Bangka.

Dalam aksi demo tersebut, Taufik Koriyanto, dari Perwakilan Himpunan Petani Sawit Indonesia Bangka Belitung yang melakukan orasi meminta agar Pemerintah Kabupaten Bangka, membentuk tim khusus untuk menyelesaikan persoalan perusahaan perkebunan sawit PT Tata Hamparan Eka Persada (THEP) dengan para petani sawit di Desa Mabat.

"Walaupun hari ini petani telah dikalahkan pemda khususnya Kabupaten Bangka memiliki hak dan kewenangan menyelesaikan persoalan ini secara damai atau mediasi," ungkap Taufik.

Dia menilai putusan hukum hanya memberikan keadilan bagi pihak perusahaan tetapi sebaliknya tidak memberi rasa keadilan untuk para petani.

Oleh karena itu mereka berharap bupati bisa menyelesaikan persoalan konflik PT THEP dengan petani sawit di Desa Mabat dengan memanggil pihak-pihak terkait dengan hati nurani dan secara musyawarah.

Pada orasi tersebut Abdul Jalil dari Perwakilan Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) yang meminta Bupati Bangka Mulkan untuk menemui masyarakat Desa Mabat dalam aksi demo tersebut.

"Kami mengharapkan Bupati Bangka berkenan menemui kami. Supaya tidak ada dusta sampaikan langsung kepada para petani ini. Kami minta yang mulia Bupati Bangka untuk bicara langsung kepada para petani. Tolong pikirkan nasib petani kita," pinta Abdul Jalil.

Pada kesempatan itu Bupati Bangka Mulkan didampingi para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Bangka turun langsung menemui massa yang berdemo.

Ia meminta para perwakilan dari para petani maupun koordinator aksi demo tersebut untuk bertemu menyampaikan aspirasinya di ruang kerja Bupati Bangka.

Dia juga menyalami para petani dan warga Desa Mabat yang ikut aksi demontrasi tersebut.
(Bangkapos/Nurhayati)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved