Begini Modus Pengerit BBM saat beraksi di SPBU

Aksi pengeritan premium bersubsidi ini modusnya sepertimasyarakat umum melakukan pengisian bahan bakar.

Begini Modus Pengerit BBM saat beraksi di SPBU
Bangka Pos / Ira kurniati
Puluhan jeriken diamankan Polsek Bukit Intan dari kedua pelaku pengerit bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, Jumat (28/12/2018) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -Kapolsek Bukit Intan, AKP Adi Putra, mengatakan, kedua pelaku pengerit bahan bakar minyak (BBM) jenis premium yang diamankan oleh tim gabungan polsek Bukit Intan, Kamis (27/12/2018) kemarin, melakukan pengeritan premium bersubsidi ini, dengan modus layaknya masyarakat umum melakukan pengisian bahan bakar.

Adapun kedua pelaku mengikuti antri dan mengisi premium ke dalam tangki mobil. Tangki mobil yang digunakan pun standar dan tidak dilakukan modifikasi, sehingga aktivitas yang dilakukan pelaku layaknya pengisian BBM biasa.

Namun aktivitas pengisian yang dilakukan kedua pelaku yakni laki-laki berinisial YO dan KI, berpindah-pindah di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang ada di wilayah Pangkalpinang.

Bukan secara berulang mengisi di SPBU yang sama, melainkan berpindah-pindah dari SPBU satu ke yang lainnya. Kedua pelaku pun sudah mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk mengantri.

"Sama seperti konsumsi biasa, mereka antri ke SPBU. lalu menuangkan isi premium ke jeriken dan berpindah ke SPBU lainnya lagi." jelas AKP Adi Putra, Jumat (28/12/2018).

Menurut pengakuan kedua pelaku saat dimintai keterangan oleh polisi, dalam satu hari bisa mengisi hingga puluhan jeriken berukuran 20 liter, dengan mendatangi sebanyak tiga SPBU.

Aktivitas ini sudah dilakukan mereka sekitar empat bulan. Premium yang didapatkan ini, nantinya akan dijual ke toko-toko kelontong yang berada di luar Kota Pangkalpinang.

Dari tangan kedua pelaku yang melakukan aktivitas penimbunan bahan bakar minyak jenis premium, polisi mengamankan 37 jeriken ukuran sedang dengan isi 20 liter per jeriken dan dua unit mobil yang digunakan pelaku.

Polisi pun masih melakukan pengembangan kasus, apakah adanya indikasi keterlibatan pihak SPBU dalam memberikan peluang dan mengincar pelaku-pelaku lain yang sengaja meraup keuntungan dari aktivitas pengeritan dan penimbunan BBM.(bangkapos/ Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved