Tak Bisa Lagi Dibina, 7 Anggota Polda Babel Akhirnya Dipecat

Tujuh anggota Polri di jajaran Polda Kepulauan Bangka Belitung dipecat karena melakukan tindak pidana dan pelanggaran disiplin berulang.

Tak Bisa Lagi Dibina, 7 Anggota Polda Babel Akhirnya Dipecat
Bangkapos.com, Deddy Marjaya
Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Istiono press release akhir tahun, Jumat (28/12/2018). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tujuh anggota Polri di jajaran Polda Kepulauan Bangka Belitung dipecat karena melakukan tindak pidana dan pelanggaran disiplin berulang.

Sanksi ini diungkapkan Kapolda Babel Brigjen Pol Istiono saat menggelar jumpa pers akhir tahun di Polda Babel, Jumat (28/12/2018) sore.

Tindakan tegas ini karena anggota yang bersangkutan melakukan tindakan berulang dan tidak bisa lagi dibina.

"Dari 7 orang yang kita PTDH selama 2018 ada menjalani hukuman setelah diputus di peradilan umum karena melakukan tindak pidana dan penyalahgunaan narkoba," kata Brigjen Pol Istiono.

Baca: Kriminalitas di Babel Menurun, Kecelakaan Lalulintas Meningkat

Brigjen Pol Istiono mengatakan pelanggaran disiplin oleh anggota mengalami penurunan dari 152 kasus pada tahun 2017 menjadi 103 kasus pada tahun 2018.

Sementara pelanggaran kode etik turun dari 30 kasus pada tahun 2017 menjadi 24 kasus pada tahun 2018. Sementara untuk tindak pidana turun dari 8 kasus menjadi 4 kasus.

Hal ini, lanjut Kapolda, menunjukkan bahwa upaya pimpinan untuk mengingatkan dan memberikan kesadaran anggota di jajaran dapat berjalan dengan baik.

"Semoga ke depannya angka pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh anggota di jajaran Polda Kepulauan Bangka Belitung semakin menurun karena polisi itu harus memberikan contoh kepada masyarakat bukannya malah membuat masalah," kata Brigjen Pol Istiono.

Ditambahkannya, pimpinan polri telah berkomitmen dalam upaya meningkatkan kedisiplinan anggota dan menghindarkan dari pelanggaran baik kode etik maupun pidana.

Untuk itu jika masih ada yang melakukan pelanggaran, maka risiko mendapatkan sanksi berat harus siap diterima.

Pimpinan juga telah membuat kegiatan kegiatan seperti bimbingan rohani, tes urine ataupun kegiatan lain yang dapat mencegah anggota Polri terjerumus kegiatan negatif.

"Selalu saya tekankan jangan terlibat narkoba, jangan melakukan tindak pidana ataupun melakukan pelanggaran disiplin jika masih mau menjadi anggota polri jika tidak ya kita PTDH," kata Brigjen Pol Istiono. (bangkapos.com, deddy marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved