Penanggulangan Banjir Jadi Prioritas PUPR Pangkalpinang di 2019

Ini untuk normalisasi sungai, ini untuk jangka pendeknya, dan terus kami lakukan. Kemudian untuk maintenence alat berat, normalisasi

Penanggulangan Banjir Jadi Prioritas PUPR Pangkalpinang di 2019
BANGKA POS/ DEDY QURNIAWAN
Kepala Dinas PUPR Pangkalpinang Suparlan Dulaspar 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pangkalpinang Suparlan Dulaspar menyatakan, program prioritas OPD yang ia pimpin pada 2019 ini adalah penanganan banjir.

Sebanyak Rp 30 miliar dari total Rp 111 miliar anggaran yang ada di PUPR Pangkalpinang tahun ini dialokasikan untuk penanganan banjir.

"Ini untuk normalisasi sungai, ini untuk jangka pendeknya, dan terus kami lakukan. Kemudian untuk maintenence alat berat, normalisasi daerah tangkapan air,"kata Suparlan, Rabu (2/1/2019).

Suparlan menyatakan, normalisasi sejauh ini efektif untuk sementara menanggulangi banjir di ibu kota. Dia mengklaim itu terbukti dari menurunnya durasi genangan saat banjir terjadi di titik-titik langganan banjir.

"Dari tiga jam biasanya, menjadi satu jam 20 menit. Di Kampung Bintang itu sebentar genangannya hilang," ucap dia.

Menurut Suparlan, Pemkot Pangkalpinang membutuhkan biaya besar untuk menuntaskan permasalahan banjir di Pangkalpinang.

Ini merujuk pada rencana seperti yang disampaikan Gubernur Babel yakni membuat pintu air dan sistem pompa di Ketapang guna menghalau dan mengalirkan pasang air laut masuk-keluar dari dan ke dalam kota.

Cara tersebut dinilai mampu menuntaskan permasalahan banjir Pangkalpinang. Hanya saja, kata Suparlan, biayanya bisa mencapai Rp 600 miliar sampai Rp 1 triliun.

Menurut dia, Pangkalpinang perlu dibantu pemerintah provinsi dan pusat untuk menuntaskan masalah banjir ini.

"Pangkalpinang tidak sanggup kalau mau menuntaskan masalah banjir ini karena membutuhkan biaya yang sangat besar," ujarnya. (BANGKAPOS.COM / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved