Kehilangan Potensi Pajak dari Kendaraan yang Ditarik Leasing

Kepala Bidang Pajak, Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Herwanita mengatakan tungggakan pajak kendaraan di Babel cukup tinggi.

Kehilangan Potensi Pajak dari Kendaraan yang Ditarik Leasing
Bangkapos/Nurhayati
Masyarakat saat membayar pajak kendaraan bermotor, Kamis (3/1/2019) di UPT Bakuda Babel Wilayah Kabupaten Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Bidang Pajak, Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Herwanita mengatakan tungggakan pajak kendaraan di Babel cukup tinggi.

"Tunggakan kita cukup tinggi, untuk beberapa masyarakat di desa ini mereka kecenderungan bayar pajak hanya satu kali," katanya.

Tunggakan pajak, juga terjadi pada kendaraan yang ditarik oleh dealer lantaran masyarakat tidak bisa melanjutkan pembayaran kredit.

Ia mengatakan, pihaknya juga pernah menyampaikan hal ini ke kementerian terkait. Pasalnya, potensi pajak dari kendaraan yang ditarik ini cukup besar.

"Kendaraan yang ditarik showroom ini enggak pernah lagi dibayar pajaknya. Padahal mereka sudah terdata dan jadi wajib pajak. Padahal banyak kendaraan yang ditarik, ini jadi kendala kita juga," katanya.

Menurutnya, pihaknya masih menunggu instruksi pusat terkait tanggungjawab pajak kendaraan yang ditarik.

"Kita masih menunggu, seperti apa mensiasati untuk pembayaran pajak kendaraan yang ditarik dealer. Karena kan enggak tau ini kendaraannya pindah tangan atau gimana," ujarnya.

Ia berharap, nantinya akan ada formula untuk kendaraan yang ditarik dealer agar tetap dibayarkan pajaknya.

"Kita masih menunggu jawaban dari kemenkeu terkait aturan ini, sejauh ini kita tidak bisa menarik pajak dari kendaraan yang sudah ditarik dealer karena hak miliknya sudah berpindah. Orang yang kendaraannya ditarik enggak mau lagi bayar pajaknya. Ini lagi dikaji aturannya, kita di daerah ini menunggu saja," katanya. (Bangkapos/Krisyanidayanti)

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved