Video : Ketua KPU Bangka Tunjukan Contoh Kotak Suara Pemilu 2019

Kekuatan surat suara tersebut menurutnya, sudah diuji tetapi jika ada hal-hal yang diluar kemampuan kualitas kotak suara, kemungkinan rusak bisa saja

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka M Hasan menunjukan contoh kotak suara yang akan digunakan untuk Pemilu yang dilaksanakan serentak pada tanggal 17 April 2019 nanti.

Ia mengatakan, kotak suara tersebut bukan terbuat dari kardus tetapi karton yang kedap air yang memenuhi persyaratan peraturan. Selain itu, kotak suara tersebut aman untuk menjaga kerahasiaan suara pemilih karena cukup kuat, meskipun berbahan dasar karton.

Kekuatan surat suara tersebut menurutnya, sudah diuji tetapi jika ada hal-hal yang diluar kemampuan kualitas kotak suara, kemungkinan rusak bisa saja terjadi.

"Adanya plastik transparans ini agar kelihatan surat suara yang sudah di dalam," kata Hasan kepada bangkapos.com, Jumat(4/1/2019) di Gudang KPU Kabupaten Bangka.

Pada kesempatan itu juga Staf Sekretariat KPU Kabupaten Bangka menunjukan tiga kunci kotak suara yang terbuat dari plastik berwarna putih. Kunci tersebut ada di tiga sisi yakni bagian atas serta di kiri dan kanan bawah kotak suara.

Disampaikan Hasan, kotak suara ini sebelumnya sudah pernah digunakan saat Pemilu 2014 lalu. Surat suara setelah perhitungan suara nanti akan dimasukan ke dalam plastik, begitu juga dengan perlengkapan logistik untuk pemungutan suara itu baru dimasukan ke dalam kotak suara agar tidak rusak. Setelah semua tahapan pemilu 2019 selesai dilaksanakan nanti kotak suara tersebut akan dilelang untuk dimusnahkan. (NURHAYATI/BANGKAPOS.COM)

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved