6 Manfaat Kunyit Bagi Kulit, Mulai dari Obati Jerawat hingga Sembuhkan Luka

Kunyit menjadi solusi tepat untuk masalah jerawat. Sifat antibakterinya menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat

6 Manfaat Kunyit Bagi Kulit, Mulai dari Obati Jerawat hingga Sembuhkan Luka
bukumedis.com
kunyit 

BANGKAPOS.COM - Kunyit dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia, seperti meningkatkan kesehatan kardiovaskular, kesehatan pencernaan, meredakan nyeri sendi, dan lainnya.

Ternyata juga baik bagi kesehatan kulit, mulai dari warna kulit tidak merata, jerawat, dan lainnya. Sebab, adanya kandungan senyawa aktif curcumin dan sifat antibakteri, antioksidan, anti-inflamasi, dan antiseptik.

Berikut enam manfaat kunyit bagi kulit melansir dari www.top10homeremedies.com

1. Menyembuhkan Jerawat

Kunyit menjadi solusi tepat untuk masalah jerawat. Sifat antibakterinya menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Terutama kandungan kurkumin dalam kunyit menunjukkan aktivitas antimikroba yang menghambat bakteri P. acnes penyebab jerawat. Serta, memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi bermanfaat mengurangi gejala jerawat.

2. Kontrol Kulit Berminyak

Kunyit sangat bermanfaat mengatasi masalah kulit minyak berlebih pada lapisan kulit luar sering menyebabkan komedo, komedo, jerawat buta dan iritasi kulit lainnya. Sebab, kunyit memiliki sifat pengontrol minyak alami yang mengendalikan sekresi minyak berlebih (sebum). Asam lemak dan fitosterol dalam kunyit membantu mengurangi kelebihan minyak kulit.

3. Menyembuhkan Luka

Sifat anti-inflamasi dan antibakteri dari kunyit dapat menyembuhkan luka. Sifat antiseptiknya mampu mengurangi risiko infeksi. Kandungan kurkumin meningkatkan penyembuhan luka dengan memodulasi kolagen dan mengurangi spesies oksigen reaktif. 

Sifat penyembuhan luka dari curcumin juga meningkatkan pembentukan jaringan granulasi, deposisi kolagen, remodeling jaringan, dan kontraksi luka. Penyembuhan lebih cepat dan mengurangi komplikasi dari luka.

Halaman
12
Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: ediyusmanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved