Beltim Dipersiapkan Menjadi Kabupaten Kedua Sebagai Lumbung Padi Provinsi Bangka Belitung

Beltim menjadi Kabupaten kedua setelah Bangka Selatan yang dipersiapkan sebagai lumbung padi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Beltim Dipersiapkan Menjadi Kabupaten Kedua Sebagai Lumbung Padi Provinsi Bangka Belitung
Humas Pemprov Babel
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melakukan Panen Perdana Padi Varietas Demo Plot M 400 di area Persawahan Desa Rias, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (10/10/2018) siang. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Trijaka Priono menuturkan Beltim menjadi Kabupaten kedua setelah Bangka Selatan yang dipersiapkan sebagai lumbung padi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Harapan kami dapat mengembangkan untuk ketahanan pangan termasuk ketersediaan pangan di Kabupaten Beltim dan Belitung. Maka dari itu support dana dari pusat dan provinsi terus masuk mendukung itu. Termasuk seperti bantuan irigasi dan alat pertanian," ujar Trijaka kepada Posbelitung, Senin (7/1/2018).

Trijaka menjelaskan hal tersebutlah yang menjadi alasan Kementerian Pertanian melakukan inventarisasi lahan-lahan pertanian produktif di Kabupaten Beltim.

"Semua lahan yang sudah kita Perda-kan sudah diinventarisasi Kementan. Mana titiknya, mana yang menjadi penunjang selain titik di Danau Nujau dan Meranteh," ujarnya.

Menurut Trijakan tujuan menentukan titik koordinat agar pemanfaatan lahan benar-benar untuk pertanian, selain itu agar mengetahui apa yang diperlukan.

Trijaka menjelaskan hal tersebut lumrah saja bila Dinas Pertanian melakukan upaya melindungi lahan pertanian yang ada. Upaya ini dinilai realistis mengingat lahan pertanian di wilayah Beltim relatif sedikit dan keberadaannya masuk IUP (Izin Usaha Pertambangan).

Menurut Trijaka Lahan pangan diBeltim sebanyak 3.023,48 hektar. Sedangkan lahan di Beltim 256 ribu hektar Berapa persen dari lahan. (Posbelitung, suharli)

Penulis: Suharli
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved