Ekspor Perikanan Babel Naik, Eko Wijaya Harap Nelayan Lebih Sejahtera

Selain alat tangkap, pembinaan serta pelatihan untuk nelayan juga diperlukan agar hasil tangkapan ikan nelayan menjadi lebih baik.

Ekspor Perikanan Babel Naik, Eko Wijaya Harap Nelayan Lebih Sejahtera
Bangka Pos
Ekspor Perikanan Babel Naik, Eko Wijaya Harap Nelayan Lebih Sejahtera 

BANGKAPOS.COM  – Pendapatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari sektor perikanan setiap tahun terus meningkat hampir 2 kali lipat. Capaian ini tak lepas dari usaha yang dilakukan oleh maysarakat Bangka Belitung khususnya nelayan dan pemerintah Propinsi Kep. Bangka Belitung.

Tahun 2018, hasil dari ekspor perikanan yang dihasilkan oleh masyarakat nelayan Bangka Belitung cukup signifikan. Hasilnya mencapai Rp 254 miliar lebih dan ini menambah pendapatan bagi nelayan khususnya dan pemerintah daerah.

Anggota DPR RI, Fraksi Demokrat, Eko Wijaya mengatakan Bangka Belitung yang merupakan daerah kepulauan hasil tersebut cukup signifikan. Hasil itu ditahun-tahun kedepan harus lebih ditingkatkan.

“Kita bersyukur dengan hasil yang dicapai oleh nelayan kita. Akan tetapi hasil ini juga harus ditingkatkan ditahun-tahun mendatang. Karenanya butuh peran pemerintah daerah yang lebih maksimal dan juga bantuan dari BUMN yang ada di Bangka Belitung,” kata Eko Wijaya, Selasa (8/1/2019).

Ketua DPD Partai Demokrat, Bangka Belitung ini meminta program pemerintah yang pro nelayan untuk terus ditingkatkan. Selain alat tangkap, pembinaan serta pelatihan untuk nelayan juga diperlukan agar hasil tangkapan ikan nelayan menjadi lebih baik.

Pemerintah pusat juga lanjut Eko Wijaya harus melihat potensi hasil perikanan Bangka Belitung. Bila terus ditingkatkan dan dikelola dengan baik tidak hanya menambah penghasilan para nelayan, tetapi turut berimbas pada pendapatan negara.

“Kalau ekspor perikanan kita naik, harusnya perekonomian nelayan kita juga harus naik. Pada akhirnya menambah pendapatan daerah dan negara dari hasil ekspor. Pemerintah juga harus membuat program yang tepat untuk mempermudah nelayan, mulai dari alat tangkap, pembinaan, penjualan dan kebutuhan tangkap ikan nelayan lainnya seperti kebutuhan BBM, harus juga diberikan kemudahan,” jelas Eko Wijaya.

Ketua DPP Partai Demokrat, Bidang Energi ini mendorong agar pemerintah daerah memberikan kemudahan bagi para nelayan untuk mendapatkan BBM. Pemerintah juga harus mengawasi agar penggunaan BBM bersubsidi bagi nelayan ini tepat sasaran.

Jangan sampai kata Eko Wijaya nelayan kesulitan untuk mendapatkan BBM karena terjadi penyalahgunaan. Padahal pemerintah pusat sudah memberikan kemudahan untuk mendapatkan BBM bersubdisi bagi nelayan.

“Kita juga harus membantu nelayan kita agar mereka mudah mendapatkan BBM bersubsidi. Jangan sampai nelayan kita menggunakan BBM industri yang nanti bisa mengurangi pendapat mereka karena biaya operasional tinggi. Untuk itu kita harus sama-sama mengawasi agar BBM bersubsidi ini tepat sasaran dan mensejahterakan nelayan kita juga,” kata Eko Wijaya.

Halaman
12
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved