Program JKM Kembali Diaktifkan, Ini Peraturan Bupati Belitung Terbaru

Diprogram ini tidak memandang kaya dan miskin, dan ini diberlakukan untuk masyarakat

Program JKM Kembali Diaktifkan, Ini Peraturan Bupati Belitung Terbaru
Pos Belitung/Disa Aryandi
Suhandri 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Sesuai peraturan Bupati Belitung nomor 36 tahun 2018, tentang Jaminan Kesehatan Masyarakat (JKM) Kabupaten Belitung, Selasa (8/1/2019) Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung kembali mengaktifkan program tersebut.

Program JKM yang sempat ada di Kabupaten Belitung tersebut, telah diperbaharui, direvisi serta dilengkapi berbagai kekurangannya.

Peraturan Bupati (Perbup) baru tersebut, tentunya disesuaikan dengan program daerah dan program nasional.

Terutama berkaitan dengan tanggung jawab kesehatan masyarakat, bagi yang masuk kriteria kurang mampu maupun ekonomi menengah keatas.

"Diprogram ini tidak memandang kaya dan miskin, dan ini diberlakukan untuk masyarakat Belitung saja. Syarat nya, asal ingin di daftarkan di BPJS kelas III. Jadi tidak ada berbicara masyarakat miskin atau tidak.

Karena kalau yang kriteria tidak mampu itu, masuk tanggung jawab pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Belitung Suhandri kepada Posbelitung.co, Selasa (8/1/2019).

Program JKM ini, Pemerintah Daerah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan seluruh iuran peserta BPJS, setiap bulan ditanggung oleh Pemerintah.

Namun hanya berlaku bagi peserta yang pasien kategori kelas III.

"Pasien itu tidak boleh berpindah kelas. Kalau misalkan dia ingin pindah ke kelas II atau kelas I, maka akan langsung diputus jaminan dan biaya nya. Kalau kelas II atau kelas I itu sudah kategori mandiri," ucapnya.

Selain itu, kata Suhandri, bagi peserta BPJS yang ingin mengikuti program ini, namun sebelumnya berada dikategori kelas I atau kelas II, peserta tersebut bisa turun menjadi peserta BPJS Kesehatan kategori kelas III. Syaratnya hanya menampilkan surat pernyataan, bahwa ingin berada di kelas III.

"Tapi tidak punya hak di kelas I atau kelas II untuk selanjutnya. Begitu juga untuk yang memiliki tunggakan sebelumnya, silahkan mendaftar, tunggakan itu nanti akan dibayarkan oleh pemerintah daerah melalui program ini,

asal tetap di kelas III. Nah untuk pembayaran tunggakan, pemerintah yang membayar ke pihak BPJS," ujarnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved