Kemkeu Terbitkan PMK Pengkreditan Pajak Luar Negeri

Kemkeu menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 192/PMK.03/2018 tentang Pelaksanaan Pengkreditan Pajak atas Penghasilan dari Luar Negeri

Kemkeu Terbitkan PMK Pengkreditan Pajak Luar Negeri
DOK PRIBADI
Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Hestu Yoga Saksama. 

BANGKAPOS.COM - Kementerian Keuangan (Kemkeu) telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 192/PMK.03/2018 tentang Pelaksanaan Pengkreditan Pajak atas Penghasilan dari Luar Negeri.

Beleid ini menggantikan peraturan sebelumnya yakni Keputusan Menteri Keuangan Nomor 164/KMK.03/2002 dan sudah berlaku sejak 31 Desember 2018.

Terbitnya PMK ini bertujuan untuk mendorong Wajib Pajak Dalam Negeri (WPDN) yang memperoleh penghasilan dari luar negeri untuk melaporkan penghasilannya di SPT tahunan serta mengklaim manfaat Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda (P3b) yang dapat berupa pengenaan pajak dengan tarif yang lebih rendah.

"Ini dilakukan melalui penyederhanaan pelaporan kredit pajak luar negerinya dalam SPT cukup dengan mencantumkannya dalam kolom SPT tahunan tanpa kewajiban melampirkan dokumen bukti pembayaran/pemotongan, laporan keuangan dan laporan pajak (tax return) atas penghasilan dari luar negeri tersebut sebagaimana dalam ketentuan sebelumnya," tutur Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Hestu Yoga Saksama kepada Kontan.co.id, Rabu (9/1/2019).

PMK ini pun memberikan klarifikasi dan petunjuk yang lebih mendetail terkait jenis penghasilan, penentuan negara sumber penghasilan dan besarnya penghasilan yang kredit pajaknya dapat diperhitungkan di dalam negeri. Juga mengatur secara khusus tentang kredit pajak atas penghasilan dari trust yang dibentuk di luar negeri dan tata cara pelaporannya.

"Ini semakin memberi kejelasan dan kepastian hukum bagi WPDN dalam pengisian SPT Tahunan nanti, terutama bagi para peserta tax amnesty kemarin yang sudah mendeklarasikan harta di luar negeri dan memiliki potensi penghasilan di luar negeri," tambah Hestu. 

Berita Ini telah dipublikasikan di Kontan.co.id dengan judul : Kemkeu mengubah regulasi pelaksanaan pengkreditan pajak luar negeri

Editor: rusaidah
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved