Wasit Liga 2 Ini Beberkan Kepada Satgas Antimafia Bola Dugaan Praktik Intimidasi terhadapnya

Satgas Antimafia Bola melakukan pemeriksaan terhadap salah satu wasit Liga 2 musim 2018 yakni Muhammad Irham di Mapolda DIY p

Wasit Liga 2 Ini Beberkan Kepada Satgas Antimafia Bola Dugaan Praktik Intimidasi terhadapnya
WIJAYA KUSUMA/ KOMPAS.COM
Wasit Muhammad Irham (baju batik) didampingi penasehat hukumnya Taufiqurrahman saat hendak menemui wartawan usai menjalani pemeriksaan oleh Satgas Antimafia Bola di Mapolda DIY pada Kamis (10/01/2019) 

BANGKAPOS.COM - Satgas Antimafia Bola melakukan pemeriksaan terhadap salah satu wasit Liga 2 musim 2018 yakni Muhammad Irham di Mapolda DIY pada Kamis (10/01/2019) pagi.

Dilansir BolaSport.com dari Kompas.com, wasit Muhammad Irham yang memimpin Liga 2 ini diperiksa Satgas Antimafia Bola selama tiga jam di Mapolda DIY. Wasit ini datang dengan didampingi penasihat hukumnya, Taufiqurrahman.

"Hari ini (Kamis kemarin-red), klien saya sudah diperiksa, sudah di-BAP (berita acara pemeriksaan)," ujar Taufiqurrahman di Mapolda DIY, Kamis (10/01/2019).

Baca: Ratu Tisha Makin Sibuk Dipanggil Satgas Antimafia Bola, Gara-gara Dugaan Pengaturan Skor

"Dia diperiksa terkait dengan pelaksanaan Liga 2. Klien saya ini wasit yang memimpin beberapa pertandingan di Liga 2," katanya.

Dalam pemeriksaan tiga jam tersebut, Muhammad Irham menjelaskan tentang dugaan praktik intimidasi kepada wasit. Menurutnya, pemberian keterangan itu sudah dibuka sejelas-jelasnya.

"Kami sudah sampaikan semua segala sesuatunya, termasuk dugaan adanya praktik match manipulation, praktik intimidasi kepada wasit, maupun intimidasi terhadap perangkat pertandingan," tutup Taufiqurrahman.

Dalam pemeriksaan itu, klien dari Taufiqurrahman membuka siapa saja klub yang terlibat pengaturan skor.

Klub-klub itu juga mencoba mengintimidasi sang wasit ini saat pertandingan Liga 2 2018. "Kami buka sejelas-jelasnya. Kami sampaikan siapa saja yang terlibat dan klub-klub mana yang berkepentingan dalam hal itu," ucap Taufiqurrahman.

Baca: Usai Tangkap Wasit, Giliran Klub Liga 3 Ini Diincar Satgas Antimafia Bola

Sejak Liga 2 bergulir, kata Taufiqurrahman, praktik-praktik match manipulation dengan salah satu caranya melakukan intimidasi terhadap wasit maupun perangkat pertandingan sudah berjalan. Di antara bentuk intimidasinya bisa menyasar pribadi wasit maupun keluarga.

"Sejak Liga itu bergulir, praktik-praktik itu sudah berjalan. Iya, bisa juga (intimidasi menyayasar pribadi maupun keluarga)," tuturnya.

Salah satu wasit yang memimpin Liga 2, Muhammad Irham menyampaikan banyak klub Liga 2 yang diduga melakukan intimidasi kepada wasit, maupun perangkat pertandingan untuk match manipulation.

Muhammad Irham, mengungkapkan tim-tim yang terlibat dalam pengaturan skor sudah di beberkannya kepada Satgas Antimafia Bola.

Tak hanya itu, Irham juga membuka kepada Satgas Antimafia Bola terkait sejumlah pihak yang terlibat dalam pengaturan skor maupun melakukan intimidasi.

"Siapa-siapa yang terlibat, tim-tim mana saja yang terlibat, saya selaku pelaku sepak bola dan saya bertugas di Liga 2 sudah saya sampaikan ke tim Satgas maupun penyidik," urainya

"Harapan kami satu, sepak bola Indonesia menjadi lebih baik," katanya.

Editor: emil
Sumber: SuperBall.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved