22 Ribu Keluarga di Babel Dapat Bansos PKH

Jumlah penerima PKH setiap tahapan bisa bertambah dan bisa pula berkurang. Hal ini tergantung

22 Ribu Keluarga di Babel Dapat Bansos PKH
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kasi Jaminan Sosial Dinsos Babel, Nusation. 

 BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Sosial Provinsi Bangka Belitung mencatat sebanyak 22.201 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahap IV bantuan sosial dari Kementerian Sosial, dengan total sekitar Rp 6 miliar.

Kasi Jaminan Sosial Dinsos Babel, Nusation mengatakan pencairan dana PKH dilakukan dalam empat tahapan dengan total Rp 1.890.000.

Jumlah penerima PKH setiap tahapan bisa bertambah dan bisa pula berkurang. Hal ini tergantung dengan penilaian kemandirian.

Pencairan dana ini bisa dilakukan langsung melalui bank BNI, BRI, dan Mandiri.

Setiap keluarga PKH mendapatkan kartu khusus dan tabungan untuk mencairkan uang.

Bantuan yang diberikan ini difokuskan untuk membantu biaya pendidikan dan kesehatan keluarga kurang mampu.

"Bantuan ini diutamakan untuk bidang kesehatan dan pendidikan. Data penerima ini berdasarkan data PDT tahun 2015 lalu, dan bantuan ini menyasar keluarga kurang mampu khususnya yang punya anak, ibu hamil, anaknya usia sekolah," katanya.

Menurutnya, bantuan yang diberikan kepada PKH bukan hanya melalui dana ini saja.

Penerima PKH ini bisa juga mendapatkan bantuan Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, Bantuan Pangan Non Tunai, subisidi listrik. Ini merupakan bagian dari sinergi pengentasan kemiskinan.

"Bukan double bantuan, tapi ini upaya untuk mempercepat pengentasan kemiskinan. Mereka yang dibantu ini juga diberikan pendampingan agar bisa mandiri," jelasnya.

Menurutnya, satu KPM hanya boleh menerima bantuan i selama enam tahun, setelah itu diharapkan sudah bisa mandiri.(BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved