Caleg Lulus CPNS Tak Bisa Mengundurkan Diri ke KPU, Kecuali Diajukan Partai Politik

Setelah ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT), caleg tak bisa mengundurkan diri langsung ke KPU.

Caleg Lulus CPNS Tak Bisa Mengundurkan Diri ke KPU, Kecuali Diajukan Partai Politik
Dokumen Bangka Pos
Ketua KPU Propinsi Bangka Belitung, Davitri 

BANGKAPOS.COM  – Setelah ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT), caleg tak bisa mengundurkan diri langsung ke KPU.

Pengunduran diri caleg hanya bisa dilakukan oleh partai politik ke KPU. Hal ini terkait adanya satu caleg di Bangka Barat yang mengundurkan diri karena diterima sebagai CPNS.

Ketua KPU Babel, Davitri mengatakan untuk caleg mengundurkan karena lulus CPNS di KPU Babel hingga saat ini tidak ada laporan.

 “Yang ada hanya di Kabupaten Bangka Barat. Satu caleg dari Perindo atas nama Dr. Karlsen Shithandiwe Siregar nomor urut satu Dapil Bangka Barat 1. Kalau di KPU Propinsi atau kabupaten lainnya belum ada,” kata Davitri kepada bangkapos.com, Jumat (11/1/2019).

Namun untuk pencoretan karena yang meninggal dunia hanya terkait kasus kecelakaan Lion Air. Yakni almarhum Ahmad Mugni, Dollar, HK Djunaidi dan Eling Sutikno. Kemudian di KPU Belitung atas nama Muchtar Rasyid caleg DPRD Kabupaten Belitung.

Davitri menjelaskan ada beberapa hal yang bisa mengundurkan diri atau batal dari DCT. Berdasarkan Surat Edaran KPU RI, No. 31 tahun 2018, calon yang tidak memenuhi syarat setelah ditetapkan DCT boleh mengundurkan diri.

Tidak memenuhi syaratnya bila mundur dari partai politik, meninggal dunia, sanksi berat karena melanggar larangan kampanye, terkena pidana, atau dokumen palsu.

 “Kalau tidak memenuhi syarat bisa kita coret dari DCT. Kalau yang terkait diterima sebagai CPNS, harus mengundurkan diri ke partai politik dan partai politiklah yang menyampaikan ke KPU bahwa calegnya tidak memenuhi syarat. Tapi bukan caleg terkait yang mengundurkan diri secara langsung. Jadi caleg yang diterima CPNS di Bangka Barat kemarin masih tercatat sebagai caleg karena belum ada surat dari partai politik,” jelas Davitri.

Sementara Ketua DPD Partai Perindo Babel, Hermanto saat dihubungi mengatakan hingga saat ini Dr. Karlsen Shithandiwe Siregar masih menjadi caleg dari Partai Perindo. Dia belum mengajukan pengunduran dirinya ke Perindo.

 “Belum ada, sampai sekarang masih caleg kita. Kan tahu syarat sebagai CPNS itu apa, cobalah cek lagi,” ujar Hermanto. (Bangka Pos / Hendra)
 

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved