Wali Kota Pangkalpinang Gratiskan Sewa Kios Pasar Pagi

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) akan menggratiskan sewa petak kios pasar pagi untuk para pedagang sayur.

BANGKA POS.COM, BANGKA --Sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran (damkar) berserta puluhan petugas gabungan Satpol PP Pangkalpinang dan TNI dikerahkan untuk membersihkan Pasar Pagi Pangkalpinang, Jumat (11/1).

Mereka kemudian menyemprot seluruh area lantai dua bangunan utama pasar. Petugas juga membersihkan lantai dengan detergen lalu disapu.

Targetnya Februari 2019 lantai atas Pasar Pagi sudah bisa digunakan. Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil akan menggratiskan sewa petak kios untuk para pedagang sayur.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) mengatakan, pembersihan lantai atas Pasar Pagi Pangkalpinang dengan cara disemprot akan terus dilakukan tiap Jumat.

"Sampai bersih, sampai layak ditempati para pedagang, dan sampai kira-kira pembeli nyaman untuk naik ke atas," kata Molen saat meninjau kegiatan pembersihan, Jumat (11/1).

Dia mengatakan, pembersihan tiap Jumat adalah upaya jangka pendek yang bisa pihaknya lakukan. Selain itu, pihaknya tengah berupaya untuk mengatasi keruwetan parkir di sekitar Pasar Pagi.

"Jadi bagaimana caranya nanti penjual di sana naik ke atas biar parkir tidak mengganggu kenyamanan umum," ucap Molen.

Molen menargetkan, lantai atas Pasar Pagi sudah ditempati para pedagang sayur pada Februari mendatang. Untuk menarik minat pedagang, sewa petak kios akan digratiskan sampai batas tertentu.

"Untuk awal kami gratiskan dulu. Kami lihat nanti kondisi yang ada. Kami tidak tahu, selama ini mereka berjualan di bawah. Dengan pindah ke atas mungkin perlu penyesuaian apakah akan ada pembeli atau tidak, kami gratiskanlah untuk awalnya. Kami pilih pedagang sayur karena sayuran mereka kan ringan, tidak perlu bawa barang-barang berat. Ini untuk pedagang lama, pedagang baru tidak boleh masuk ke sini lantai atas," tutur Molen.
Untuk jangka panjang, Molen melanjutkan, pihaknya tengah memikirkan pemasangan eksakalator agar pembeli dan pedagang bisa naik dengan mudah.
"Jangka panjang juga kami pengin ada, semacam blower biar dingin. Petak-petak kiosnya tidak tertutup biar plong. Biar enak juga (atapnya) ditinggikan" ucapnya.

Hanya Dipakai 17 Pedagang
Kepala UPT Pasar Pangkalpinang, Fauzi mengatakan, ada 220 petak kios di lantai atas Pasar Pagi. Dari jumlah tersebut, hanya 17 yang disewa oleh pedagang.

Halaman
12
Editor: respisiusleba
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved