Wisata Pantai dan Situs Bersejarah Desa Sungai Buluh Jadi Destinasi Andalan

Wisata Pantai dan Situs Bersejarah Jadi Destinasi Andalan masyarakat Desa Sungai Buluh.

Wisata Pantai dan Situs Bersejarah Desa Sungai Buluh Jadi Destinasi Andalan
Dok.Pemdes Sungaibuluh
Pesona pantai di Desa Sungaibuluh 

BANGKAPOS.COM - Bagi masyarakat Bangka Barat khususnya yang tinggal di Wilayah Kecamatan Jebus dan Parittiga tentu sudah tidak asing lagi dengan keindahan alam dan pantai-pantai yang berada di Desa Sungai Buluh seperti Bembang, Teluk Nipah, Penage, Batu Belayar dan Tanjung Genting.

Oleh Pemerintah Desa Sungai Buluh, keberadaan objek-objek tersebut tentu mempunyai nilai lebih bagi desa untuk dikembangkan lagi menjadi destinasi favorit kawasan wisata yang ada di Kabupaten Bangka Barat. Seperti halnya Pantai Bembang yang selalu ramai dikunjungi baik oleh masyarakat sekitar maupun luar Desa Sungai Buluh.

Namun diakui Kepala Desa Sungai Buluh Atteni, ada beberapa kendala menghidupkan gairah kawasan wisata yang ada di desanya seperti akses jalan masuk dan lokasi dibangunnya tempat-tempat pondokan maupun spot dokumentasi para pengunjung pantai.

Selain itu Desa Sungai Buluh juga terdapat beberapa situs bersejarah seperti benteng peninggalan zaman Portugis dan satu unit meriam khas zamannya, akan tetapi seperti benteng yang ada di Dusun Sungai Buluh 1 ini masih berada dalam tanggung jawab pemerintah daerah Kabupaten Bangka Barat sehingga pengoptimalan situs bersejarah ini belum bisa dikelola desa.

"Akses masuk Pantai Bembang dan beberapa lokasi dengan pesona alamnya di desa ini kan masih berada di kawasan hutan lindung sehingga upaya desa untuk menjadikan kawasan itu jadi semakin bagus lagi agak menemui kendala seperti perbaikan jalan masuknya maupun pembangunan pondok-pondok santai dan kios pedagang. Saat ini masih dalam proses penyelesaian ke dinas terkait untuk kemudian dikelola sepenuhnya oleh desa, jadi apabila segala perizinannya ke Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat selesai, pemerintah desa tentu akan benar-benar leluasa menggarap wilayah tersebut menjadi destinasi pariwisata baru andalan lainnya Kabupaten Bangka Barat," katanya.

Selain keindahan kawasan wisata pantai dan situs bersejarah, Desa Sungai Buluh juga memiliki ciri khas dalam kulinernya seperti makanan khas yaitu pantiau ubi, ada juga jamu dari akar-akaran yang oleh masyarakat setempat biasa disebut dengan nama aik rebus. Jamu ini dijadikan untuk menghilangkan rasa lelah dan beberapa penyakit ringan, kemudian ada juga rokok seretung.

Pemerintah Desa Sungai Buluh melalui BUMDes-nya nanti akan menjalankan program Pemerintah Provinsi Bangka Belitung berupa unit usaha Berkah Mart.

Harapannya nanti Berkah Mart ini akan menaikkan sektor perekonomian masyarakat di desa seperti membeli hasil bumi masyarakat, berikut produk-produk berpotensi lainnya seperti makanan khas dan produk kerajinan tangan untuk dipasarkan juga.

Untuk memperkuat peranan dan pemberdayaan masyarakat Pemerintah Desa Sungai Buluh gencar melakukan sosialisasi maupun pelatihan-pelatihan baik di sektor pertanian, perkebunan, kesehatan dan pendidikan kepada masyarakat dalam upaya desa memperkuat sumber daya manusianya, diharapkan dengan adanya sosialisasi dan pelatihan-pelatihan itu, masyarakat desa semakin banyak pengetahuannya, kreatif dan memberikan dampak signifikan kepada desa setelahnya. (adv/may)

Perlu Sinergi dan Hidup Berdampingan

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved