Bahar Buasan Ingin Budaya Khas Babel Diajarkan Sejak Dini

Menumbuhkan semangat mencintai budaya lokal bagi generasi muda bukan perkara mudah. Terlebih derasnya arus pengaruh budaya

Bahar Buasan Ingin Budaya Khas Babel Diajarkan Sejak Dini
Bangkapos
Bahar Buasan Ingin Budaya Khas Babel Diajarkan Sejak Dini 

BANGKAPOS.COM--Anggota DPD RI, Bahar Buasan mengatakan, derasnya arus perkembangan dunia menyebabkan lemahnya pertahanan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Karena itu, menurut Bahar perlu membentengi generasi muda dengan penanaman yang kuat akan cinta terhadap budaya lokal melalui pendidikan.

Menurutnya, mengembangkan pendidikan berbasis budaya di Babel merupakan langkah strategis yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah.

"Menumbuhkan semangat mencintai budaya lokal bagi generasi muda bukan perkara mudah. Terlebih derasnya arus pengaruh budaya dari luar. Semua pihak harus saling bekerjasama, salah satunya melalui pendidikan," kata Bahar.

Salah satu yang di lakukan Bahar Buasan dalam mendorong generasi muda untuk mencintai budaya yaitu salah satunya dengan mendukung pagelaran kegiatan kebudayaan di daerah Bangka Belitung.

"Ini perlu kita lakukan untuk tetap menjaga semangat anak muda kita dalam mencintai budaya asalnya," kata Bahar Buasan.

Selain itu, dengan adanya gelaran budaya bisa menjadi momentum mengenalkannya pada generasi muda dan sekaligus melestarikan budaya lokal, sehingga adat Babel tetap lestari.

"Banyak cara yang bisa dilakukan generasi muda dalam melestarikan budaya, seperti ikut dalam pelaksanaan pagelaran budaya, menumbuhkan semangat, mengembangkan kemampuan dengan pelatihan budaya,

serta meningkatkan kesadaran tanggung jawab, hak dan kewajiban masyarakat sekitarnya dalam pengelolaan kegiatan budaya," pungkas senator asal Babel tersebut.

Selain itu, peran orang tua dikeluarga juga sangat dibutuhkan dalam menancapkan nilai budaya pada anak.

Hal ini untuk menguatkan karakter identitas diri bangsa Indonesia. Seperti pengenalan seni-seni tradisi serta kebiasaan yang mencerminkan budaya Indonesia.

"Coba asah kemampuan anak kita, sampai mana pengetahuannya tentang seni-seni tradisi di Babel ini. Hal ini penting, sebab jika generasi kita cinta sama budayanya maka Ia akan cinta juga Indonesia," pungkasnya.(*)

Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved