K POP

Penggemar Budaya Korea Terus Meningkat, Boyband BTS Dianggap Pemicu Terbesar

Boyband BTS Jadi Grup yang Membuat Penggemar Budaya Korea Terus Meningkat Pada Tahun 2018

Penggemar Budaya Korea Terus Meningkat, Boyband BTS Dianggap Pemicu Terbesar
Kolase
BTS 

BANGKAPOS.COM - Media outlet Korean Times mencatat bahwa Jumlah fans 'Hallyu' atau gelombang Korea saat ini mencapai 89 juta orang dan tersebar di 113 negara di dunia. Peningkatan ini dipengaruhi oleh popularitas boyband BTS

Dilansir dari @artikelkorea, The Korea Foundation juga mengungapkan bahwa pada tahun 2018 kemarin, ada sekitar 89,19 juta orang yang menyukai budaya Korea Selatan. Ini meningkat 22% dari tahun 2017 lalu.

Foundation tersebut juga mengatakan bahwa peningkatan ini dipengaruhi oleh popularitas boyband BTS.

Popularitas seperti BTS belum pernah terjadi sebelumnya di Amerika Serikat, dan ini memperbaiki stereotip bangsa Asia di negeri adikuasa tersebut.

Grup ini menduduki puncak tangga lagu Billboard 200 dan menjadi grup Korea pertama yang mendapat nominasi di Grammy.

Peningkatan jumlah fans 'Hallyu' juga datang dari meningkatnya aksesibilitas berbagai genre budaya pop Korea, termasuk Kpop, KBeauty, dan KFood.

Laporan lainya juga menyebutkan bahwa ada sekitar 1.843 fanclub Hallyu di 113 negara di luar Korea per Desember 2018.

Jumlah terbesar fans Kpop berada di Asia dan Oseania (70,59 juta orang dalam 457 fanclub), diikuti oleh Amerika (11,8 juta orang di 712 fanclub), lalu Eropa (6,57 juta orang di 534 fanclub), dan paling sedikit di Afrika dan Timur Tengah (230 ribu orang di 140 fanclub).

Di Jepang sendiri, jumlah fans 'Hallyu' meningkat 3 kali lipat (lebih dari 300 ribu).

Hallyu, atau gelombang Korea, adalah istilah yang diciptakan pada tahun 1999 oleh Harian Pemuda Beijing di China yang dimaksudkan untuk menggambarkan popularitas konten budaya pop Korea.

Pemerintah Korea telah mendanai banyak entitas hallyu untuk mempromosikan budaya, makanan, seni tradisional Korea, dan budaya lainnya di luar negeri. (BANGKAPOS.COM/Putrie Agusti Saleha)

Penulis: Putrie Agusti Saleha
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved