Dongkrak Ekonomi Masyarakat Desa, Ahmadi Sopyan Gagas OKOP

Tokoh pemuda yang juga pengamat sosial, Ahmadi Sopyan menginginkan terciptanya program One Kampoeng One Product (OKOP)

Dongkrak Ekonomi Masyarakat Desa, Ahmadi Sopyan Gagas OKOP
Bangkapos.com
Ahmadi Sopyan Saat Bertemu Warga Desa Air Gegas, Bangka Selatan 

BANGKAPOS.COM--Tokoh pemuda yang juga pengamat sosial, Ahmadi Sopyan menginginkan terciptanya program One Kampoeng One Product (OKOP) untuk setiap desa yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Menurut Calon Anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung ini, setiap desa mesti memiliki karakter produk lokalnya masing-masing yang sekaligus bisa mendongkrak sektor ekonomi masyarakat desa.

"Ke depannya harus tercipta OKOP (One Kampoeng One Product), yakni setiap desa harus punya produk desa untuk mengangkat desa serta bernilai ekonomi," kata Ahmadi Sopyan saat ditemui di desa Air Gegas, kabupaten Bangka Selatan, Sabtu (12/1) kemarin.

Selain itu, Ahmadi mengungkapkan program ini adalah salah satu upaya guna menguatkan karakter di setiap desa. Dia mengakui bahwa setiap masing-masing desa di Babel memiliki ciri khas serta karakter kuat.

"Di Bangka Belitung, setiap desa memiliki karakter masing masing dan membangun desa harus sesuai karakternya," ujarnya.

Selain itu, Ahmadi menyebutkan bahwa lahan di lingkungan warga desa bisa bernilai ekonomi lebih jika dimanfaatkan dengan tepat. Dia mengatakan pemanfaatan lahan desa dapat berdampak langsung pada pendapatan masyarakat serta pengembangan wilayah desa.

"Lebih baik ketika lahan Desa yang ada juga harus dipertahankan dengan hijaunya sehingga menjadi lahan agro wisata, sehingga ada nilai wisata, UMKM, ekonomi dan lingkungan," pungkasnya.

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved