Rudianto Tjen Maksimalkan Balai Latihan Kerja untuk Tingkatkan Keterampilan Pemuda Babel

Rudi mengharapkan pemerintah daerah terus berupaya mengintensifkan pelatihan kerja untuk warga Babel, khususnya untuk para pemuda

Rudianto Tjen Maksimalkan Balai Latihan Kerja untuk Tingkatkan Keterampilan Pemuda Babel
Bangkapos.com
Rudianto Tjen bersama pemuda Bangka Belitung 

BANGKAPOS.COM--Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung (Babel) Rudianto Tjen, menilai untuk menghadapi persaingan dunia kerja yang ketat saat ini, dibutuhkan untuk mengasah keahlian sesuai yang dibutuhkan pasar industri.

Menurut Rudi, minimnya keahlian pemuda-pemudi di Babel ini, menjadi salah satu faktor sulitnya untuk bisa bekerja di perusahaan yang ada. Sebab, setiap perusahaan memiliki ketentuan dalam hal keahlian yang dibutuhkan.

“Saya sangat setuju, jika pemuda-pemudi kita dididik dan dilatih. Kalau mereka tidak ada keahlian itu kadang-kadang susah juga,” ujar Rudianto Tjen saat silaturahmi dengan warga Beluluk, Bangka Belitung.

“Karena perusahaan-perusahaan, terutama hotel-hotel yang dibangun di sini, rata-rata standarnya internasional jadi butuh kemampuan-kemampuan juga,” lanjutnya.

Politikus PDI Perjuangan tersebut menyebutkan bahwa hal tersebut guna menekan angka pengangguran di Babel.

Rudi mengharapkan pemerintah daerah terus berupaya mengintensifkan pelatihan kerja untuk warga Babel, khususnya untuk para pemuda. Tentunya upaya tersebut dengan memaksimalkan peran Balai Latihan Kerja (BLK).

“Kita sangat berharap bahwa pemerintah daerah terus berupaya menekan angka pengangguran di Babel dengan cara memaksimalkan peran BLK,” kata Rudianto Tjen.

Menurut Rudi, dengan perannya BLK nanti, pemuda-pemudi Babel akan dilatih sesuai dengan bakat dan kemampuannya. Sehingga akhirnya, setelah melewati pelatihan dari BLK mereka sudah punya kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

“BLK ini tujuannya apa? tujuannya adalah melatih. Dalam arti melatih pemuda-pemudi kita sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka. Sehingga mereka akan mudah diterima bekerja di perusahaan-perusahaan yang mereka inginkan,” jelas politikus PDI Perjuangan tersebut.

“Karena pada dasarnya, mereka sudah memiliki kemampuan itu,” tambahnya.
Kendati demikian, Rudi juga berharap peran BLK bisa menjadi penghubung bagi peserta yang sudah mereka didik dan latih untuk bisa disalurkan ke berbagai perusahaan, yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan mereka itu sendiri.

“Kita juga berharap agar BLK ini bisa menjadi channel bagi pemuda-pemudi Babel yang sudah mereka latih, untuk disalurkan ke perusahaan sesuai bidang keahlian dan kemampuan mereka,” tutup Rudianto Tjen.

Rudi berharap dengan upaya itu semua, dapat menjadi salah satu solusi alternatif dalam menjawab permasalahan ketenagakerjaan yang terjadi di Bangka Belitung saat ini.

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved