Aplikasikan Sistem Teknologi Kemdagri Kenalkan Wajah Data Kependudukan

Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) tengah membangun cara-cara pemanfaatan data penduduk berbasis teknologi

Aplikasikan Sistem Teknologi Kemdagri Kenalkan Wajah Data Kependudukan
KONTAN.co.id
Kerjasama Ditjen Dukcapil dengan asosiasi penyedia internet dan lembaga keuangan. 

BANGKAPOS.COM - Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) tengah membangun cara-cara pemanfaatan data penduduk berbasis teknologi. Diantaranya adalah aplikasi pengenalan wajah (face recognition) yang dapat mengenali wajah berdasarkan foto yang bisa mencocokan dengan data di pusat.

Direktur Jenderal Kependidikan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, untuk saat ini sistem tersebut tengah dikembangkan Kemdagri bersama sebuah perbankan milik negara.

"Kita juga akan maju ke penggunaan biometrik sedang dikerjakan bersama bank Mandiri. Tinggal bawa wajah dan sidik jari," katanya, Selasa (15/1/2019).

Menurutnya, pemanfaatan data tersebut dapat digunakan untuk mempercepat proses verifikasi nasabah. Tapi selain untuk kebutuhan perbankan, produk tersebut juga bakal digunakan untuk alasan keamanan negara dan mendata informasi resmi milik masyarakat. Pasalnya dengan konsep one single data kedepan, seluruh informasi seperti akte kelahiran, sertifikat tanah, laporan pajak dan rekam medis kesehatan dapat disatukan.

"Kita membangun big data untuk lakukan profiling masyarakat Indonesia," katanya. 

Berita Ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul : Kemdagri Kembangkan Aplikasi Pengenalan Wajah Untuk Data Kependudukan

Editor: rusaidah
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved