Eko Wijaya Minta Petani Babel Lebih Diperhatikan agar Lebih Sejahtera

Tak sedikit dari petani di yang menghadapi kendala dalam bertani. Masalah yang dihadapi yakni ekstensifikasi dan intensifikasinya.

Eko Wijaya Minta Petani Babel Lebih Diperhatikan agar Lebih Sejahtera
Bangka Pos
Eko Wijaya Minta Petani Babel Lebih Diperhatikan agar Lebih Sejahtera 

BANGKAPOS.COM  – Masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih bergantung dengan hasil pertanian diantaranya lada, karet dan sawit.

Akan tetapi tak sedikit dari petani di yang menghadapi kendala dalam bertani. Masalah yang dihadapi yakni ekstensifikasi dan intensifikasinya.

“Maka dari itu petani kita perlu mendapat perhatian yang lebih serius dari seluruh pihak dari pihak-pihak terkait,” ujar Eko Wijaya, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, Selasa (15/1).

Terkait dengan lahan pertanian, di Bangka Belitung saat ini masih banyak lahan yang belum bisa tergarap oleh para petani. Padahal bila lebih dimaksimalkan dan dapat bantuan dari berbagai pihak akan lebih mensejahterakan petani di Bangka Belitung.

Juga lahan bekas pakai, seperti lahan bekas pertambangan. Lahan ini dapat digunakan kembali untuk menanam jika memungkinkan. Akan tetapi butuh bimbingan dari instansi terkait agar hasilnya lebih maksimal.

“Dengan begini, produksi pertanian yang baru dapat dibuat. Maupun menambah produksi pertanian yang sudah ada,” kata Eko Wijaya.

Eko Wijaya yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Babel ini menambahkan, selain lahan, bantuan bibit unggul dan penggunaan teknologi mesti dimasifkan untuk petani.

Dengan penggunaan teknologi, peningkatan kuantitas dan kualitas hasil petani dapat dimaksimalkan lagi.

“Efeknya hasil untuk ekonomi petani akan menambah. Alias kesejahteraan petani meningkat,” imbuh Eko Wijaya.

Meski begitu, Eko mengingatkan kepada pemerintah, baik pusat maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel sendiri untuk menjaga kestabilan harga produk petani di pasaran.

Jika harga beli produk petani rendah, petani akan dirugikan. Karenanya pemerintah juga harus membantu petani di Bangka Belitung dalam hal pemasaran. Selama ini dilihat, sistem pemasaran hasil pertanian di Bangka Belitung belum maksimal.

“Saya meminta para pihak yang mempunyai kewenangan untuk mendukung kepentingan petani di Babel mulai dari pra produksi hingga paska produksinya. Biar petani merasa dikawal oleh para wakilnya di pemerintahan, baik pusat maupun daerah untuk kesejahteraan mereka,” pungkas Eko Wijaya

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved