KPU Babel Serahan Dummy Surat Suara ke KPU RI

Dummy tersebut diserahkan ke KPU RI setelah ditandatangani oleh komisioner KPU Babel dan perwakilan peserta pemilu.

KPU Babel Serahan Dummy Surat Suara ke KPU RI
Bangka Pos / Hendra
Ketua KPU Provinsi Bangka Belitung, Davitri 

BANGKAPOS.COM KPU Provinsi Bangka Belitung sudah menyerahkan dummy surat suara untuk dicetak oleh KPU RI.

Ketua KPU Provinsi Bangka Belitung, Davitri mengatakan setelah dummy tersebut diserahkan ke KPU RI setelah ditandatangani oleh komisioner KPU Babel dan perwakilan peserta pemilu.

“Dummy surat suara sudah kita serahkan ke KPU RI. Nanti pencetakan surat suaranya menjadi kewenangan KPU RI,” kata Davitri kepada bangkapos.com, Selasa (15/1/2019).

Sebelumnya untuk memastikan surat suara, KPU Babel diminta oleh KPU RI untuk memastikan peserta pemilu 2019. Bila memang ada yang belum memenuhi syarat, maka dicoret dari daftar peserta pemilu.

Namun untuk yang di KPU Provinsi Babel, pencoretan caleg tidak banyak dilakukan. Pencoretan hanya pada caleg yang meninggal dunia terkait kecelakaan pesawat Lion Air.

“Kalau di KPU Provinsi yang kita coret itu hanya yang kasus kecelakaan lion air saja. Ada beberapa di KPU Kabupaten, seperti di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, dan Belitung. Mereka ada yang tidak memenuhi syarat seperti diterima sebagai CPNS dan meninggal dunia. Dan ini masuk kategori tidak memenuhi syarat,” jelas Davitri.

Sementara untuk jumlah surat suara yang dicetak nantinya, berdasarkan aturan dari KPU RI sebanyak jumlah DPT (daftar pemilih tetap) 932.569 ditambah 2 persen. Kelebihan 2 persen ini sebagai surat suara cadangan. (Bangka Pos / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved