Pasal Penggelapan, Warga Asal Manggar Ini Dipolisikan Rekannya

RI (50) harus mendekam di sel Mapolsek Tanjungpandan karena diduga melakukan tindak pidana penggelapan atau penipuan.

Pasal Penggelapan, Warga Asal Manggar Ini Dipolisikan Rekannya
Posbelitung.co/dede s
Kapolsek Tanjungpandan AKP Agus Handoko SH beserta jajaran unit reskrim menunjukan barang bukti kasus penipuan atau penggelapan, Rabu (16/1/2019). 

BANGKAPOS.COM-- RI (50) harus mendekam di sel Mapolsek Tanjungpandan karena diduga melakukan tindak pidana penggelapan atau penipuan.

Warga Manggar, Kabupaten Beltim itu dilaporkan oleh Sutarman warga Desa Aik Rayak, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung pada Selasa (2/1/2019) karena tidak kunjung membayar uang pembelian satu unit mitsubishi colt truk yang terjadi setahun silam.

"Korban merasa dirugikan karena pelaku pernah‎ membeli truknya dimana transaksinya sudah setahun lalu. Tapi sampai sekarang ini pelaku tidak pernah membayar meskipun telah dilakukan upaya penagihan," ujar Kapolsek Tanjungpandan AKP Agus Handoko SH saat menggelar konfrensi pers didampingi Kasat Binmas Polres Belitung AKP Mahmud dan Kanit Reskrim Polsek Tanjungpandan Ipda Guntur Napitulu, Rabu (16/1/2019).

‎Ia mengatakan sebelumnya antara korban dan pelaku telah sepakat melakukan transaksi jual beli truk senilai Rp 135 juta.

Pada saa itu, pelaku berjanji kepada korban akan segera melakukan pembayaran dalam jangka waktu tidak lama.

Namun, sampai setahun berlaku pelaku tak kunjung menepati janjinya dan ketika ditagih kembali berjanji akan segera membayar.

"Jadi mereka ini pada saat transaksi hanya modal kepercayaan tanpa memberikan uang panjar atau apapun. Memang ada perantara antara mereka pada saat transaksi jadi hanya modal kepercayaan saja," katanya.

Berdasarkan gelar perkara, penyidik Polsek Tanjungpandan menyimpulkan bahwa laporan tersebut memenuhi unsur tindak pidana yaitu melanggar Pasal 372 atau 378 KUHP.

Kemudian, polisi melakukan penyelidikan terkait keberadaan pelaku di daerah Manggar, Kecamatan Manggar, Kabupaten Beltim.

Akhirnya setelah semua informasi cukup, Unit Reskrim Polsek Tanjungpandan berhasil mengamankan pelaku pada Kamis (10/1/2019).

"Kami sudah melakukan pemeriksaan dan penahanan kepada pelaku ditambah keterangan saksi-saksi lainnya. Selain itu barang bukti berupa satu unit truk sudah kami amankan," katanya. (POSBELITUNG.CO/DEDE SUHENDAR)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved