RA Perwanida III Biasakan Siswa Sholat Dhuha

Siswa Raudhatul Atfhal Perwanida III Kelurahan Bacang Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang tampak antusias melaksanakan Sholat Dhuha berjamaah.

RA Perwanida III Biasakan Siswa Sholat Dhuha
bangkapos/edwardi
Anak-anak siswa Raudhatul Atfhal (RA) Perwanida III Kelurahan Bacang Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang tampak antusias melaksanakan Sholat Dhuha berjamaah. 

BANGKAPOS.COM  -- Siswa Raudhatul Atfhal (RA) Perwanida III Kelurahan Bacang Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang tampak antusias melaksanakan Sholat Dhuha berjamaah.

Anak-anak terlihat cukup tertib dan teratur mengikuti gerakan Imam.

"Alhamdulillah anak-anak sudah terbiasa melakukan sholat sunnah dua rokaat pembawa rejeki ini," kata
Rika Hartati, Kepala RA Perwanida III Pangkalpinang, Rabu (16/01/2019).

Rika mengatakan Sholat Dhuha merupakan program unggulan sekolahnya yang dikerjakan rutin setiap pagi Selasa, Rabu dan Kamis.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan anak-anak agar dapat memahami bacaan dan gerakan sholat," ujarnya.

Diungkapkannya, sang imam memang sengaja melafalkan bacaan sholat dengan suara nyaring (jahr) agar dapat didengar oleh anak-anak.

“Dengan terbiasa mendengar bacaan dan mengikuti gerakan imam, maka anak-anak lambat laun akan menguasai gerakan dan bacaan sholat,” ujar Rika.

Selain Sholat Dhuha, sekolahnya juga mempunyai program Keislaman seperti hafalan doa harian, surat-surat pendek, hadis pilihan, Jum’at Berinfaq, serta kegiatan pentas seni dalam memeriahkan hari-hari besar Islam.

"Tentunya program tersebut bertujuan untuk pembentukan karakter anak usia dini sebagai bekal dalam menghadapi tantangan global," tukasnya.

Diakuinya, melalui kebiasaan Sholat Dhuha ini untuk mempromosikan RA, karena sebagian masyarakat belum begitu familiar dengan nama RA atau Raudhatul Athfal..

RA merupakan lembaga pendidikan anak usia dini setingkat taman kanak-kanak, yang dibina oleh Kementerian Agama dalam hal ini di bawah Bidang Pendidikan Madrasah.

"Perbedaan RA dengan TK. terletak pada aspek kurikulum. Kurikulum RA sama halnya dengan pada TK. Namun, pada RA terdapat materi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang tidak dijumpai pada TK-TK umumnya," jelasnya.

Kehadiran RA dipersiapkan untuk membekali kematangan jasmani dan rohani/spiritual anak-anak sebelum memasuki SD/MI. (BANGKAPOS.COM/EDWARDI)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved