Toyota New Avanza dan New Veloz Nyaman di Segala Kondisi Jalan.

Toyota Avanza terbaru sudah resmi diperkenalkan ke publik yang menandakan ubahan tidak menyeluruh alias sekadar facelift

Toyota New Avanza dan New Veloz Nyaman di Segala Kondisi Jalan.
KOMPAS.com
Toyota Avanza Facelift 2019 resmi diperkenalkan ke publik, Selasa (15/1/2019). 

BANGKAPOS.COM - Toyota Avanza terbaru sudah resmi diperkenalkan ke publik, Selasa (15/1/2019 ) kemarin.

PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebutnya sebagai New Avanza dan New Veloz yang menandakan ubahan tidak menyeluruh alias sekadar facelift.

Kondisi ini jelas mengundang pertanyaan mengenai kapan status All New akan disematkan pada Avanza. Sebab ini adalah salah satu yang dinantikan oleh penggemar Avanza.

"All New Avanza? Kalian ingin tahu? Saya juga ingin," ujar Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata, menjawab desakan awak media di sela peluncuran Avanza dan Veloz terbaru, di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Nakata mengungkapkan keinginan masyarakat ini memang sudah didengar dan ditampung oleh Toyota. Ia mengungkapkan rencana untuk pembaruan menyeluruh Avanza sudah direncanakan.

"Saya ingin sampaikan, tentu saja kami ada ide untuk meluncurkan All New Avanza. Kemungkinan pasti ada," ucap Nakata.

Nakata sendiri menjelaskan mengenai Avanza dan Veloz terbaru. Menurutnya pembaruan yang diberikan pada kedua produk ini cukup banyak dan akan memuaskan keinginan penggemar kendaraan MPV.

"Walaupun bukan All New, kami sangat percaya diri memperkenalkan kedua produk ini," ucap Nakata.

New Avanza dan New Veloz hadir dengan ubahan pada sisi eksterior dan interior. Kedua model ini mendapat pilihan mesin 1.3 L dan 1.5 L dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Model terbaru ini tidak mengalami kenaikan harga meski terdapat beberapa perubahan dari sisi fitur keamanan dan hiburan. Varian termurah dibanderol Rp 186 jutaan dan termahal Rp 239 jutaan.

Toyota Avanza merupakan model di segmen low multi purpose vehicle ( LMPV) yang mengusung sistem penggerak roda belakang (rear wheel drive). Kondisi itu tetap dipertahankan dari pertama meluncur pada Desember 2003 hingga 2019 ini. Padahal, kompetitor lain di kelas sama cukup banyak yang sudah menggunakan penggerak roda depan (front wheel drive). Misal, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Mitsubishi Xpander.

Lantas, kenapa Avanza masih mempertahankan itu? Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata, mengatakan, penggerak roda depan dan belakang sama-sama mempunya keunggulan dan kekurangan.
Nakata melanjutkan, mobil dengan penggerak roda belakang punya tenaga yang lebih besar, apalagi ketika jalan menanjak meskipun menampung banyak barang bawaan. Apalagi segmen LMPV ini merupakan mobil keluarga, yang banyak digunakan untuk beraktivitas.

"Sampai sekarang ini juga konsumen cukup puas dengan sistem penggerak roda belakang yang dimiliki Avanza ini. Oleh sebab itu kami masih mempertahankannya," ujar Nakata.

Mobil dengan penggerak roda depan, lanjut Nakata memiliki keluasan kabin yang cukup, tetapi bukan berarti Avanza tidak punya situasi itu, karena menurut konsumen masih sangat luas dan tentunya nyaman untuk segala kondisi jalan.

"Jadi masing-masing punya keunggulan dan kekurangannya. Kami masih sangat percaya diri dengan Avanza sekarang ini meskipun secara persaingan cukup ketat di segmen LMPV," kata Nakata lagi. 

Editor: rusaidah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved