Penipuan Investasi Bitcoin BTC Panda Terungkap, Masyarakat Diminta Berhati-hati Gunakan Bitcoin

Ketua HPHSI Galang Prayogo meminta masyarakat berhati-hati menggunakan alat pembayaran Bitcoin.

Penipuan Investasi Bitcoin BTC Panda Terungkap, Masyarakat Diminta Berhati-hati Gunakan Bitcoin
freeformers.com
Ilustrasi investasi Bitcoin 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Ketua Himpunan Pemerhati Hukum Siber Indonesia (HPHSI), Galang Prayogo, meminta masyarakat berhati-hati menggunakan alat pembayaran Bitcoin.

Hal ini setelah terungkap kasus dugaan penipuan transaksi internet BTC Panda yang menggunakan alat pembayaran Bitcoin. Dia menduga ratusan orang telah menjadi korban atas dugaan penipuan itu.

"Kami menduga, korbannya tidak sedikit pada kasus itu," kata Galang ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (17/12/2019).

Baca: Rugi Miliaran, Ratusan Warga di Bangka Belitung Tertipu Investasi Bitcoin, Begini Kronologisnya

Dia menjelaskan, dugaan kasus penipuan transaksi internet BTC Panda yang menggunakan alat pembayaran Bitcoin terkuak seusai seorang korbannya melayangkan laporan ke polisi.

Awalnya dugaan kasus itu dilaporkan ke Mapolda Metro Jaya dalam LP bernomor TBL/3388/VII/2016/PMJ/DIT Reskrimsus. Kemudian, kasus dilimpahkan ke Ditreskrium Polda Bangka Belitung. Dalam laporan itu nilai kerugian materi tertulis Rp 480 juta.

Namun, dia merasa prihatin atas langkah pengusutan kasus itu. Sebab, kasus ini tampak tak menunjukkan perkembangan pengusutan hukum.

"Seperti keinginan korban, kami ingin kasus ini harus tuntas. Polisi harus serius menuntaskan kasus ini," kata dia.

Baca: Acil Beberkan Fakta dan Kisah Jadi Investor Bitcoin BTC Panda Hingga Melapor ke Polisi

Untuk itu, dia membuka peluang memberikan pendampingan hukum kepada para korban. Pihaknya siap menghimpun aduan dan memberikan pendampingan hukum kepada korban.

Dia meminta para korban tidak ragu untuk melayangkan aduan. Adapun aduan para korban ke HPHSI, bisa dilayangkan ke hotline 08121314939 ataupun email hphsiindocyberlaw@gmail.com.

"Kami siap memberikan pendampingan hukum. Kami membuka aduan. Aduan korban bisa dilayangkan melalui telepon ataupun email. Kami telah menyiapkan tim jika aduan dibawa ke ranah hukum," tambahnya.

Baca: Investasi Bitcoin 200 Warga Bangka Belitung Senilai Rp 89 Miliar Tak Jelas, Investor Lapor ke Polisi

(Tribunnews.com, Glery Lazuardi)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Terungkap Kasus Investasi Bitcoin BTC Panda, Pengguna Bitcoin Diminta Berhati-Hati

Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved