Sejahterakan Nelayan, Rudianto Tjen Ingin Babel Kembangkan Industri Pengolahan Ikan Laut

Industri pengolahan ikan. Jika dikembangkan, hal ini akan mengoptimalkan potensi laut dan menyejahterakan nelayan BabeI.

Sejahterakan Nelayan, Rudianto Tjen Ingin Babel Kembangkan Industri Pengolahan Ikan Laut
Bangka Pos
Rudianto Tjen, Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM -- Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung (Babel), Rudianto Tjen ingin pemerintah Bangka Belitung mengembangkan industri pengolahan ikan. Jika dikembangkan, hal ini akan mengoptimalkan potensi laut dan menyejahterakan nelayan Babel.

Untuk tahap awal, dikatakan Rudi, pemerintah perlu merevitalisasi tempat pengelolaan ikan (TPI) dengan memberikan fasilitas pendingin. Hal ini agar ikan hasil tangkapan nelayan bisa bertahan lebih lama dan bisa diolah menjadi bahan pangan.

“Pemerintah bisa berperan banyak, seperti membantu pengelolaan perikanan nelayan Bangka Belitung, salah satunya bisa membuat pabrik es (Cold Storage). Sehingga nanti tangkapan nelayan bisa dikelola dan diekspor, itu akan menambah nilai jual, tentunya itu akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa,” kata Rudi.

Selain itu, Politisi PDI Perjuangan tersebut menilai dengan adanya cold storage tersebut. Harga jual tangkapan nelayan akan stabil. Karena nantinya ruangan pendingin akan menampung hasil tangkapan nelayan.

Sehingga nantinya pasokan ikan akan tetap terjaga sekalipun para nelayan tidak bisa melaut dikarenakan cuaca.

“Kan kalau cuaca buruk, para nelayan tidak bisa melaut, dan kalau tidak ada tempat penampungan ikannya itu, nanti pasti akan berpengaruh terhadap harga ikan di pasaran. Sehingga para konsumen membeli ikan tidak dengan harga tinggi, karena stok kita cukup," jelasnya.

Revitalisasi TPI juga merupakan salah satu upaya meningkatkan taraf kehidupan nelayan Babel. Rudianto Tjen sendiri berharap upaya tersebut membantu nelayan Babel menjadi sejahtera.

“Kita akan terus berupaya dan terus berusaha menjadikan masyarakat Babel ini sejahtera, termasuk para nelayan,” pungkasnya.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved