1.440 Pelaku UMKM dan Pengurus Koperasi Bakal Dilatih Tahun Ini

Pelatihan bagi pengurus koperasi dan UMKM dilakukan secara bertahap. Kegiatan pelatihan ini menggunakan dana DAK APBD dan APBN.

1.440 Pelaku UMKM dan Pengurus Koperasi Bakal Dilatih Tahun Ini
Bangkapos/Yudha Palistian
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Babel, Elfiyena. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2019 ini akan melatih 1.440 pelaku UMKM dan pengurus koperasi untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) untuk meningkatkan kemampuan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Elfiyena mengatakan, kemampuan SDM dalam mengelola usaha merupakan hal yang sangat penting, sehingga pelatihan ini diperlukan bagi pengurus koperasi dan UMKM.

Ia menyebutkan, pelatihan bagi pengurus koperasi dan UMKM dilakukan secara bertahap. Kegiatan pelatihan ini menggunakan dana DAK APBD dan APBN.

Elfi mengatakan, pelatihan ini menggunakan dana DAK dan APBD. Namun untuk dana DAK, tahun ini orientasinya lebih ke arah pelatihan bagi koperasi.

"Untuk Pelatihan DAK APBN akan diikuti 870 peserta dan pelatihannya akan dimulai Februari ini, tahun ini lebih ke arah pelatihan koperasi" kata Elfiyena.

Pelatihan tidak hanya bersumber dari APBN, namun juga bersumber dari APBD untuk meningkatkan kapasitas UMKM di Babel. Pelatihan yang menggunakan dana APBD sebanyak 570 orang.

"Kalau yang pelantihan APBD akam dimulai Juli sampai Agustus. Total peserta pelatihan tahun ini ada 1440," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, pelatihan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diharapkan nantinya dapat meningkatkan kemampuan yang berdampak pada pengembangan usaha baik koperasi maupun UMKM, yang nantinya akan diikuti dengan peningkatan kesejahteraan, penyerapan tenaga kerja.

"Kami juga mendorong mereka tidak hanya mengandalkan pelatihan dari pemerintah saja, tapi juga dan belajar dengan para ahlinya, sehingga bisa cepat mereka berkembang. Apa yang didapatkan selama pelatihan itu harus diterapkan," pesannya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved