Sempat Vakum, Kawasan ATM Kembali untuk Car Free Day Tiap Minggu

Kawasan Alun-alun Taman Merdeka (ATM) kembali akan dijadikan sebagai kawasan car free day (CFD) tiap hari Minggu.

Sempat Vakum, Kawasan ATM Kembali untuk Car Free Day Tiap Minggu
(BANGKA POS / DEDY QURNIAWAN)
Plt. Kadishub Pangkalpinang Ubaidillah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kawasan Alun-alun Taman Merdeka (ATM) kembali akan dijadikan sebagai kawasan car free day (CFD) tiap hari Minggu. Demikian disampaikan Plt. Kepala Dishub Pangkalpinang Ubaidillah kepada Bangka Pos, Jumat (18/1/2019).

Dia mengakui selama ini kebijakan Car Free Day sempat vakum setelah dimulai beberapa tahun lalu. Menurut Ubai, sebenarnya CFD di ATM telah dilakukan sejak zaman Polres Pangkalpinang dipimpin oleh AKBP Margiyanta pada 2011 silam.

Saat itu, pihak terkait mengundang siswa untuk sekolah untuk menyemarakkan kegiatan tersebut agar diisi dengan olahraga seperti jogging dan sejenisnya. Sempat berjalan beberapa waktu, CFD kemudian kembali vakum dan kendaraan bebas lalu lalang di kawasan ATM tiap Minggu.

"Tahun ini, sejak 6 Januari 2019 lalu, kami terapkan lagi CFD tiap hari Minggu dari pukul 6 sampai pukul 8 pagi . Kami sudah turun ke sana untuk menutup jalan," kata Ubai.

Usul agar CFD) kembali digalakkan juga sempat disampaikan ke warga kepada Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) pada acara Jumat Bahagia kemarin. Warga tersebut mengakui bahwa Car Free Day mulai dilakukan beberapa pekan belakangan .

Tetapi, menurut dia, terkadang masih ada saja kendaraan yang lewat saat masyarakat tengah berolahraga pagi.

"Memang tidak ngebut, tetapi kadang ada satu dua mobil yang masih saja lewat," kata warga tersebut.

Ubai mengakui hal tersebut. Menjawab keluhan warga itu, pihaknya telah bersurat kepada Polres Pangkalpinang untuk memblokade jalan nasional di sebelah timur ATM. Sementara pihaknya bertugas memblokade jalan di dekat sekitar Panti Wangka dan Hotel Sabrina.

"Menutup jalan nasional itu kewenangan kepolisian, ini sudah kami koordinasikan. Minggu kemarin, saat saya pantau, jalan nasional ini memang tidak ditutup. Tetapi kami sudah komunikasikan melalui surat ke Polres Pangkalpinang. Jadi jalan di kawasan ATM ini ditutup total," ucap Ubai. (BANGKAPOS.COM / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved