Video: Ekspedisi Tanjungpandan Naikkan Ongkos Kirim

Jasa pengiriman di Tanjungpandan memberlakukan tarif baru akibat kenaikan tarif surat muatan udara yang diterapkan maskapai penerbangan.

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Jasa pengiriman di Tanjungpandan memberlakukan tarif baru akibat kenaikan tarif surat muatan udara (SMU) yang diterapkan maskapai penerbangan.

Pimpinan Cabang JNE Tanjungpandan Titin mengatakan kenaikan tarif SMU bahkan mencapai 100 persen. Dengan demikian pihaknya pun kini tengah menyesuaikan tarif baru yang nantinya akan mulai berlaku awal Februari.

"Semua barang ini sebagian besar transit di Jakarta, nah biaya SMU ke Tanjungpandan ke Jakarta naik, belum lagi pengiriman ke daerah lainnya. Jadi benar-benar harus dihitung dengan baik, agar tarifnya tidak memberatkan pelanggan, tapi kami juga tidak nombok," ujarnya, Kamis (17/1/2019).

Menurut perkiraannya, tarif baru akan naik sekitar 15 persen. Pergantian tarif ini pun dilakukan tidak dalam waktu cepat, karena terakhir kali pihaknya menaikkan tarif sekitar 3-4 tahun yang lalu.

Kenaikan tarif ongkos kirim sebelumnya juga telah dilakukan TIKI Tanjungpandan per 1 Januari 2019.

"Kalau SMU naik, pastinya biaya operasional kami juga naik. Sehingga dari pusat menetapkan mulai 1 Januari diberlakukan tarif baru," jelas Operasional TIKI Tanjungpandan Edwin Septian.

Kenaikan harga pun berbeda tergantung tujuan, karena tarif SMU yang naik bukan hanya terjadi di Tanjungpandan tapi juga secara nasional. Namun kisarannya tarif naik sekitar 30 persen dibanding tarif semula.

Ia menambahkan, kenaikan tarif ini pun sempat dikeluhkan beberapa pelanggan. Sehingga ada juga pelanggan yang menurunkan produk pengiriman barang.

"Kami kan menyediakan produk layanan pengiriman yang cepat, sedang juga standar. Ada juga pelanggan yang kalau biasanya pakai layanan yang cepat, kini hanya menggunakan layanan yang sedang atau standar saja," lanjutnya.(POSBELITUNG.CO/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved