VIDEO: PMI Pangkalpinang Layani Kebutuhan Darah Pasien di Pulau Bangka

kebutuhan stok darah setiap hari sifatnya dinamis dan tidak bisa ditentukan secara tetap.

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wahyono, Sekretaris PMI Kota Pangkalpinang mengatakan kebutuhan stok darah setiap hari sifatnya dinamis dan tidak bisa ditentukan secara tetap.

"Memang yang membutuhkan darah ini setiap hari cukup banyak rata-rata 40 kantong darah per hari, sementara stok darah setiap hari juga relatif dan tidak bisa dipastikan jumlahnya," kata Wahyono, Jumat (18/01/2019).

Diungkapkannya, bila petugas PMI Kebetulan mengambil darah dari pendonor keluar melalui mobil unit transfusi darah ke instansi atau kantor, kelompok masyarakat dan perusahaan maka biasanya banyak stoknya dan melebihi kebutuhan harian.

" Kalau nggak turun mencari pendonor maka stok darah terbatas, kadang sehari habis dan kadang juga stoknya kosong," ujarnya.

Diakuinya, petugas PMI turun mendatangi pendonor itu ada memang jadwal rutin dan juga ada jadwal atas permintaan masyarakat atau instansi yang akan mendonor.

"PMI Kota Pangkalpinang ini melayani permintaan darah bagi seluruh masyarakat Pulau Bangka jadi bukan hanya untuk warga Pangkalpinang saja," ujarnya.

Dijelaskannya, hal ini karena rumah sakit yang ada di Pulau Bangka ini rujukannya banyak ke Pangkalpinang.

"Tapi kita PMI Pangkalpinang juga mengerahkan mobil unit transfusi darah kita ke wilayah Kabupaten Basel, seperti Toboali, Payung. Selain itu juga ke Belinyu Kabupaten Bangka untuk mencari pendonor darah dan tempat-tempat lainnya," ungkapnya.

Sementara Rafik, warga Parit Tiga Kabupaten Bangka Barat mengaku membutuhkan sebanyak 9 kantong darah O untuk diambil trombositnya.

"Yang sakit anak laki-laki saya usia 15 bulan mengidap sakit Suspect ITP yakni mengalami penurunan trombosit dalam darah," kata Rafik ditemui di Kantor PMI Kota Pangkalpinang, Jumat (18/01/2019).

Halaman
12
Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved