Belum Ada Kepastian TPA Regional di Rakorgub, Pemkot Pangkalpinang Perpanjang Usia TPA Paritenam

"Belum ada kepastian TPA Regional, itu sampai rakorgub kemarin. Kami berharap Pemkab Bangka Tengah bisa mengalokasikan lokasinya"

Belum Ada Kepastian TPA Regional di Rakorgub, Pemkot Pangkalpinang Perpanjang Usia TPA Paritenam
Dokumen Bangka Pos
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) sesuai melantik tiga pejabat eselon di Pemkot Pangkalpinang, Rabu (16/1/2019). Ini diketahui merupakan rotasi dan mutasi pejabat pertama yang dilakukan Molen sejak menjadi Wali Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM -  Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) berharap rencana pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional di Pulau Bangka dapat segera terealisasi.

Menurut dia, dari hasil rapat koordinasi gubernur (rakorgub) bersama bupati dan wali kota di Babel, Gubernur Babel Erzaldi Rosman tengah mengusahakan lokasi pembangunannya di Bangka Tengah. Dia mengakui, bahwa sampai saat ini belum ada kepastian di mana dan kapan TPA Regional akan dibangun.

"Belum ada kepastian TPA Regional, itu sampai rakorgub kemarin. Kami berharap Pemkab Bangka Tengah bisa mengalokasikan lokasinya, dan masyarakatnya bisa setuju di lokasi itu," ujar Molen baru-baru ini.

Molen mengatakan, pemkot telah membebaskan sekitar dua hektare lahan di Paritenam untuk mepmerpanjang usia TPA di sana.

Dikatakannya upaya ini juga berguna untuk mengurangi dampak bau yang ditimbulkan muatan sampah yang sudah melebihi kapasitas di TPA Paritenam.

"Sembari menunggu TPA Regional yang direncanakan gubernur, kami tetap mengoperasionalkan TPA Paritenam," kata Molen.

TPA Regional menjadi bagian dari 31 kesepakatan rakorgub di Belitung Timur beberapa waktu lalu. Rakorgub misalnya menyepakati sosialisasi kepada masyarakat Desa Jelutung oleh Kabupaten Bateng Tengah terkait lokasi TPA Regional yang telah disepakati di sana.

Kemudian, rakorgub juga menyepakati pengusulan alternatif lokasi TPA Regional di Desa Puding Besar agar dimasukkan dalam RTRW Kabupaten Bangka.

Lalu, ada juga kesepakatan bahwa Pemkot Pangkalpinang setuju menyerahkan TPA Paritenam setelah TPA Regional dikerjakan dan Pemprov Babel akan membiayai transportasi/Bahan Bakar Minyak (BBM) menuju TPA Regional nantinya. (BANGKAPOS.COM / dedyqurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved