Pemprov Babel Minta Kemenhub Kaji Ulang Batas Atas Harga Tiket Pesawat ke Babel

Kita minta pak Menteri menghitung kembali batas atas, agar bisa diturunkan. Rute ke Babel ini bisa dibilang

Pemprov Babel Minta Kemenhub Kaji Ulang Batas Atas Harga Tiket Pesawat ke Babel
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Dinas Perhubungan Babel, KA Tajjudin. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar rapat bersama dengan maskapai penerbangan dan travel agent se Babel menyikapi melonjaknya harga tiket pesawat beberapa pekan ini, pada Selasa (22/1/2019) mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Babel, KA Tajjudin mengatakan pihaknya telah meminta kementerian perhubungan untuk mengkaji ulang batas dan mengevaluasi batas atas harga tiket pesawat di Babel.

"Pak Gubernur sudah menyurati kemenhub, supaya pak menteri bisa meninjau kembali batas atas tarif tiket pesawat, karena airlines itu bermain di batas atas dan batas bawah," kata Tajjudin, Minggu (20/1/2019).

Tajjudin menyebutkan, harga tarif batas atas memang ditentukan berdasarkan jarak tempuh dan beberapa perhitungan lainnya.

"Kita minta pak Menteri menghitung kembali batas atas, agar bisa diturunkan. Rute ke Babel ini bisa dibilang penerbangan jarak pendek yang rata-rata cuma satu jam, jaraknya tidak terlalu jauh. Kita harapkan ada peninjauan kembali," katanya.

Pihaknya, dalam pertemuan yang akan dihadiri oleh maskapai penerbangan, travel agent dan stakeholder terkait juga akan meminta maskapai untuk mengurangi operasional penerbangan tanpa mengurangi faktor keselamatan.

"Mungkin ad cost tertentu ada yang bisa dihemat sehingga biaya operasionalnya lebih efisien tanpa mengurangi faktor keamanan dan keselamatan, misalnya memaksimalkan tenaga kerja tidak terlalu banyak dan mengevaluasi kembali komponen biaya operasional," katanya.

Ia berharap, harga tiket pesawat khususnya ke Babel dapat lebih bijak lagi. Transportasi udara masih menjadi transportasi primadona bagi masyarakat mengingat Babel sebagai provinsi kepulauan.

"Kami berencana mengundang maskapai penerbangan, travel agent dan instansi terkait sepeti angkasa pura membahas agar tiket pesawat bisa lebih bijak harganya," katanya.

Melonjaknya harga tiket belakangan ini, juga berdampak pada kunjungan wisatawan ke Babel. Tajjudin menyebutkan, bahkan terjadi penurunan kunjungan ke Babel.

"Pengaruhnya besar sekali ke Babel, terutama wisatawan jumlahnya jadi berkurang," katanya. (BANGKAPOS./Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved