Desa Sinar Manik Prioritaskan BUMDes Mart dan Sektor Perikanan

Pemerintah Desa Sinar Manik telah memulai langkah-langkah strategis guna mengembangkan unit-unit usaha.

Desa Sinar Manik Prioritaskan BUMDes Mart dan Sektor Perikanan
Dok.Pemdes Sinar Manik
Ibu-ibu PKK Desa Sinar Manik 

BANGKAPOS.COM - Adanya dukungan yang sangat kuat dari masyarakat desa untuk bergerak maju, Pemerintah Desa Sinar Manik, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat telah memulai langkah-langkah strategis guna mengembangkan unit-unit usaha yang akan dikembangkan di desa, satu diantaranya usaha perdagangan yang diberi nama BUMDes Mart.

Bakal adanya BUMDes Mart ini diharapkan akan secara inovatif mampu menciptakan unit usaha milik masyarakat dengan sistem yang lebih modern, menempatkan produk-produk lokal sebagai komoditas unggulan disamping kebutuhan masyarakat sehari-hari, sehingga mampu mendukung peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Rencana beroperasinya BUMDes Mart di Desa Sinar Manik dikatakan Kepala Desa Sudirman Derani merupakan entitas bisnis baru yang berpihak pada masyarakat kecil pedesaan, karena BUMDes memang lahir untuk menjadi usaha milik masyarakat desa.

BUMDes Mart dapat menjadi alternatif solusi yang baik untuk pengembangan ekonomi desa. BUMDes Mart, selain berkontribusi pada Pendapatan Asli Desa (PAD) juga dapat menjawab kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari menjadi lebih dekat dan terjangkau.

BUMDes Mart juga dapat menjadi solusi bagi masyarakat mendistribusikan hasil produk lokal mereka sehingga memotivasi masyarakat untuk semakin berinovasi.

"Dengan segala tantangan yang ada dan bagaimana caranya mengembangkan BUMDes Mart tanpa mengesampingkan usaha kecil lainnya namun mampu merangkul usaha-usaha kecil yang ada di desa agar turut berkembang. BUMDes Mart diminta dapat bersaing dengan usaha dagang modern lainnya seiring perkembangan jaman akan semakin menjamur.

Untuk itu kami selaku pemerintah desa tidak bosan-bosannya bersama pemerintah kecamatan maupun kabupaten dan provinsi untuk selalu mensupport kegiatan yang bermanfaat dengan berbagai pelatihan-pelatihan kepada masyarakat maupun perangkat desa yang bersifat membangun keterampilan, penguatan kualitas dan pengembangan mutu manusia, tujuannya tentu saja agar semua pihak terlibat dalam pembangunan dan kemajuan desa," ungkapnya.

Selain memantapkan perencanaan beroperasinya BUMDes Mart dengan segala hegemoninya, satu diantara program Pemerintah Desa Sinar Manik yang menunjukkan perkembangan signifikan adalah program peningkatan kapasitas UEP di bidang peternakan yaitu pengadaan hewan ternak jenis sapi Bali berjumlah enam ekor yang diberikan kepada masyarakat untuk pengelolaannya, namun pengawasan dan kepemilikan tetap oleh pemerintah desa.

Menurut keterangan kepala desa yang diperkuat pernyataannya oleh Sekdes Abdul Rachman, sudah ada satu ekor yang berhasil berkembang biak. Melihat progres seperti ini Pemerintah Desa Sinar Manik menargetkan dalam jangka waktu dua sampai tiga tahun ke depan pengembangbiakan sapi-sapi tersebut akan diperhatikan dengan serius oleh pemerintah desa agar memberikan hasil yang signifikan dan siklus dari program ini tidak berhenti ditengah dijalan.

Untuk memperlebar peluang pemanfaatan sumber daya yang ada di desa, Pemerintah Desa Sinar Manik juga telah melakukan penjajakan kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam hal keinginan pemerintah desa membuat tempat pengelolaan dan pembudidayaan ikan air tawar yang menurut agenda program pemerintah desa nantinya kolam ikannya akan dibuat dan berlokasi di Dusun Kampung Baru Barat Desa Sinar Manik.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved