Laporkan Bila FKRTL Kenakan Urun Biaya Bagi Peserta JKN-KIS

Seluruh rumah sakit di wilayah Bangka belitung, belum menerapkan urun biaya yang akan dikenakan kepada peserta.

Laporkan Bila FKRTL Kenakan Urun Biaya Bagi Peserta JKN-KIS
Bangkapos/irakurniati
Staf komunikasi publik BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang, Surya Atmawijaya, 

BANGKAPOS.COM - Staf komunikasi publik BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang, Surya Atmawijaya, mengatakan, setelah kementerian kesehatan mengundangkan regulasi soal ketentuan urun biaya dan selisih biaya peserta JKN-KIS, namun belum ada petunjuk teknis mengenai kapan diberlakukannya urun biaya tersebut.

Meski pihaknya sudah memberikan sosialisasi melalui siaran pers, Surya menegaskan, seluruh rumah sakit di wilayah Bangka Belitung, belum menerapkan urun biaya yang akan dikenakan kepada peserta.

"Urun biaya ini berlaku bagi faskes tingkat lanjut, dan hingga saat ini sama sekali belum berlaku. Jadi jika peserta JKN-KIS sudah dimintai urun biaya oleh faskes tersebut segera laporkan ke kami. Karena itu belum diterapkan." tegas Surya, Senin (21/1/2019).

Dia menegaskan, bagi peserta JKN-KIS yang sudah dimintai urun biaya oleh rumah sakit atau klinik utama, segera melaporkan kepada pihaknya agar segera ditangani mengenai aduan tersebut.

Urun biaya merupakan ketentuan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS untuk berkontribusi membayar biaya pelayanan yamg diberikan rumah sakit untuk pelayanan tertentu.

Berikut rincian fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut (FKRTL) yakni, rumah sakit atau klinik utama yang merupakan mitra BPJS Kesehatan:

Pangkalpinang : 5 unit
Bangka : 6 unit
Bangka Tengah : 2 unit
Bangka Barat : 3 unit
Bangka Selatan : 2 unit
Belitung : 4 unit
Belitung Timur : 1 unit
Total : 23 unit FKRTL

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved