Program Samsat Setempoh, Gubernur Yakin Bisa Naikkan PAD Rp 1 Triliun

Gubernur: Pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2018 mengalami kenaikan yang sangat drastis yakni 27,23 persen

Program Samsat Setempoh, Gubernur Yakin Bisa Naikkan PAD Rp 1 Triliun
Pos Belitung/Disa Aryandi
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan Kapolda Bangka Belitung Brigjen Pol Istiono, Senin (21/1) menyaksikan simulasi pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui program Samsat Setempoh di Kantor Camat Sijuk, Kabupaten Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2018 mengalami kenaikan yang sangat drastis yakni 27,23 persen. Tahun 2017 lalu PAD hanya Rp 629 miliar, sedangkan tahun 2018 mencapai angka Rp 800 miliar lebih.

"Artinya 27,23 persen tersebut bukan lah pekerjaan yang mudah, dengan sistem dan kemampuan SDM yang semakin hari semakin menunjukan perbaikan. Itu tentunya penguasaan teknologi yang tidak ketinggalan zaman," kata Erzaldi, Senin (21/1/2019).

Salah satu sumber pendapatan di Bangka Belitung adalah pajak kendaraan bermotor. Tentunya adanya teknologi baru, program samsat setempoh tersebut, harus langsung disambut secara maksimal.

"Nah ini tentunya nanti dapat mengalami peningkatan-peningkatan PAD lagi. Adanya program ini (samsat setempoh) di tahun ini, kami berharap PAD bisa mencapai hampir Rp 1 triliun," ujarnya.

Apabila sudah mencapai angka tersebut, 1/3 lebih operasional ataupun APBD Bangka Belitung sudah berasal dari PAD sendiri. Tentunya, jika perihal itu terjadi, suatu daerah dapat digolongkan cukup sehat dan sangat kuat untuk melaksanakan pembangunan.

"Artinya ketergantungan Pemda terhadap dana pusat itu sedikit berkurang. Kalau sedikit kami bisa mencreat pendapatan daerah lebih baik dan banyak. Saya yakin pembangunan di Provinsi Bangka Belitung ini akan lebih banyak terasakan oleh masyarakat," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved