APK Ditempat Beretribusi Langgar Aturan, Bawaslu Pangkalpinang Segera Bertindak

Sejumlah alat peraga kampanye (APK) partai politik maupun caleg yang melanggar aturan kembali akan ditertibkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

APK Ditempat Beretribusi Langgar Aturan, Bawaslu Pangkalpinang Segera Bertindak
Ist
Petugas Satpol PP ketika menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) milik para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka, Senin (19/2/2018) di kecamatan-kecamatan di Kabupaten Bangka 

BANGKAPOS.COM, BANGKA— Sejumlah alat peraga kampanye (APK) partai politik maupun caleg yang melanggar aturan kembali akan ditertibkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pangkalpinang.

Salah satu APK yang akan dilakukan penertiban, selain di jalan protokol dan tempat umum, adalah APK yang dipasang ditempat yang dikenakan retribusi.

Luksin Siagian, Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal, Bawaslu Pangkalpinang mengatakan sudah mendata titik-titik APK yang dipasang ditempat beretribusi. Dalam waktu dekat APK ini akan segera ditertibkan.

“Kita sudah minta ke KPPT Pangkalpinang titik-titik yang beretribusi, tapi yang dikirim ke kita malah perda tentang periklanan. Untuk titik-titiknya kita sudah mendata, tinggal dalam waktu dekat kita tindaklanjuti,” kata Luksin Siagian, Selasa (22/1/2019).

Pelarangan pemasangan APK ditempat yang beretribusi ini diatur dalam Surat Edaran Bawaslu No. 990. Pada pasal 7 disebutkan bahwa peserta pemilu, pelaksana kampanye dan tim kampanye dilarang memasang APK yang dikenakan retribusi, kecuali yang difasilitasi dengan ketetapan KPU.

Untuk di Pangkalpinang sendiri, ketetapan terkait titik APK beretribusi yang dipasang belum diatur. Pemasangan hanya tidak diperbolehkan di jalan protokol, tempat umum, atau fasilitas umum lainnya.

Bawaslu kata Luksin akan terus mendata dan mengawasi APK yang terpasang. Baik yang ditempat beretribusi maupun tempat-tempat yang dilarang lainnya.

“Jelas di tempat yang beretribusi itu dilarang dipasang APK. Nanti kita akan lakukan penyegelan sesuai dengan surat edaran bawaslu,” kata Luksin.

(Bangka Pos / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved