Wujudkan Pendidikan Berkualitas, Ahmadi Sopyan Upayakan Kesejahteraan Guru Terjamin

Ahmadi Sopyan mengatakan, realita pembelajaran di sekolah masih berlangsung secara informatif dengan komunikasi satu arah kepada peserta didik.

Wujudkan Pendidikan Berkualitas, Ahmadi Sopyan Upayakan Kesejahteraan Guru Terjamin
Bangka Pos
Ahmadi Sopyan Upayakan Kesejahteraan Guru Terjamin 

BANGKAPOS.COM -- Budayawan, Ahmadi Sopyan menginginkan seluruh guru dan staf pengajar sekolah di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) harus rutin diberikan pelatihan. Menurutnya, hal ini guna menambah pengetahuan dan wawasan dalam sistem mengajar di sekolah.

"Para guru dan staf pengajar harus rutin diberikan pelatihan agar bertambah pengetahuan dan wawasan dalam sistem mengajar. Setiap hari perkembangan zaman dan teknologi berkembang pesat, tentunya para staf pengajar tidak boleh berhenti belajar," ucap Ahmadi Sopyan kala ditemui di Pangkalpinang.

Ahmadi Sopyan mengatakan, realita pembelajaran di sekolah masih berlangsung secara informatif dengan komunikasi satu arah kepada peserta didik. Dia meminta agar para guru bisa melakukan pembelajaran aktif supaya terjadinya dialog interaktif antara guru sebagai pendidik dengan murid sebagai peserta didik.

"Guru mengajar tidak boleh hanya berkutat pada halaman buku, tapi memperkaya dengan dialog, diskusi, praktek, dan memberikan ruang bagi para murid untuk berkreasi," katanya.

Terkait kebijakan pemerintah pusat menaikkan gaji pendapatan para guru honorer dan pegawai tidak tetap lainnya, Ahmadi Sopyan menyebutkan, langkah tersebut tepat sebagai salah satu upaya mengapresiasi hasil kerja.

"Kebijakan pemerintah menaikkan gaji honorer dan pegawai tidak tetap, dalam hal ini harus diberikan hak sama. Ini harus diperjuangan oleh wakil rakyat. Dalam cakupan lebih luas, semua warga negara Indonesia harus dimanusiakan dan diberikan jaminan," ujar pemuda yang karib disapa Atok Kulop ini.

Selain itu, Ahmadi Sopyan yang juga maju sebagai Calon Anggota DPR RI Dapil Babel ini mengatakan, mesti ada upaya penguatan pendidikan karakter para murid dengan sistem mengajar yang lebih kreatif. Hal itu agar proses belajar siswa di kelas lebih menarik.

"Pendidikan kita masih pada tahap penyeragaman, yakni dianggap berprestasi adalah yang memiliki nilai akademik bagus," ucapnya.

"Oleh karenanya, penting untuk sekolah memiliki data minat dan bakat peserta didik serta memberikan wadah sesuai dengan minat dan juga bakat para murid," pungkas Pria yang akrab disapa Atok Kulop ini.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved