Awalnya Ngotot Tempuh Jalur Hukum, Wabup Basel Maafkan Pencatut Namanya

Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mencabut laporan terhadap Ru oknum Satpol PP dan Uc warga Toboali terkait dugaan pencemaran nama baik

Awalnya Ngotot Tempuh Jalur Hukum, Wabup Basel Maafkan Pencatut Namanya
Bangka pos / Anthoni Ramli
Warga Toboali Uc akhirnya meminta maaf kepada Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid

BANGKAPOS.COM -- Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mencabut laporan terhadap Ru oknum Satpol PP dan Uc warga Toboali terkait dugaan pencemaran nama baik, Rabu (23/1/2019).

Riza sengaja mencabut laporan tersebut lantaran sudah berdamai dengan kedua pelaku. Ia telah memaafkan mereka dan tak mau mempanjang masalah itu. Padahal sebelumnya, Riza ngotot ingin membawa kasus ini ke jalur hukum.

Ru dan Uc, sempat dilaporkan Riza ke Polres Basel karena telah mencatut namanya dalah kasus dugaan penipuan dengan modus penerimaan pegawai honorer di Kantor Satpol PP Basel. Dua korban, R dan S dimintai uang pelicin sebesar Rp 29 juta oleh kedua pelaku agar bisa diterima bekerja.

Untuk memuluskan aksinya pelaku membawa-bawa nama Wabup Basel Riza Herdavid. Namun setelah uang disetor, kedua korban tidak juga menjadi pegawai seperti dijanjikan sehingga akhirnya mengadukan masalah ini ke polisi.

Sehubungan dengan pencabutan laporan tersebut, Riza sebagai kepala daerah mengaku harus lebih bijak. Terlebih, yang dilaporkan tersebut masih warga dan ASN di lingkungan Pemkab Basel.

"Tuhan pun Maha Pengampun, apalagi saya manusia harus saling memaafkan. Apalagi yang harus saya laporin warga saya sendiri. Cuma hal semacam ini jangan diulang kembali. Jadi hari ini secara resmi laporan tersebut saya cabut," beber Riza.

Dalam kasus ini, Riza mengaku tak ingin menengok ke belakang. Termasuk, menanggapi kabar dirinya hanya mencari sensasi dan pecitraan saja. Sebab menurutnya, memaafkan menjadi pilihan terbaik saat ini.

"Saya siap dengan risiko, mau dibilang pecitraan atau apalah, yang penting dalam benak saya memaafkan mereka jauh lebih baik," pungkasnya.

Sebelumnya diketahui Uc dan Ru yang telah mencatut nama Riza, meminta maaf kepada Wabup Basel tersebut. Permohonan maaf itu disampaikan, Rabu (23/1/2019) sore, saat keduanya menyambangi rumah dinas Wakil Bupati Bangka Selatan, di kawasan Parit tiga, Kecamatan Toboali.

Kepada sejumlah awak media, Uc tak menampik jika dirinya sempat keceplosan menjual nama Riza, dalam kasus dugaan penipuan uang pelicin masuk anggota Satpol PP Basel , beberapa waktu lalu. Uc dan Ru berjanji tak akan mengulangi lagi perbuatan mereka.

"Jadi kedatangan kami kesini, menyampaikan permintaan maaf kepada Wakil Bupati atas pemberitaan kemarin sehingga menjadi opini di masyarakat. Dan kami berjanji tidak akan mengulangi perbuatan serupa," ujar Uc, dalam konferensi pers, Rabu (23/1/2019) sore.

Menurut Uc, ucapannya tersebut tak ada unsur kesengajaan. Keteledoran ini diakibatkan kedekataan dirinya dengan Wakil Bupati.

"Intinya khilaf, bukan disengaja. Mungkin karena terlalu dekat tadi, jadi keceplosan," bebernya. (anthoni)

Editor: Herru W
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved