Eko Wijaya Dorong Lebih Banyak Masyarakat Babel yang Miliki Rumah

Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, Eko Wijaya mendorong pihak yang berwenang untuk mewujudkan banyak masyarakat Babel memiliki rumah.

Eko Wijaya Dorong Lebih Banyak Masyarakat Babel yang Miliki Rumah
Dokumen Bangka Pos
Anggota Komisi VII DPR RI, Dapil Bangka Belitung, Eko Wijaya 

BANGKAPOS.COM  -- Masih banyak masyarakat Kepulauan Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang belum memiliki rumah. Padahal rumah adalah kebutuhan primer yang juga turut membentuk karakter dari penghuninya.

Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, Eko Wijaya mendorong pihak yang berwenang untuk mewujudkan banyak masyarakat Babel memiliki rumah.

“Sedapat mungkin, masyarakat Babel yang mempunyai rumah dibantu secara teknis maupun non teknisnya untuk memiliki rumah,” ujarnya, Kamis (24/1).

Eko Wijaya yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Babel ini mengatakan masih terkendalanya pembangunan sejuta rumah bersubsidi di Babel, sedapat mungkin dicarikan jalan keluarnya.

Misalnya dengan mempermudah izin bagi pengembang dan menekan down payment atau uang muka dan bunga.

“Bisa ditambah lagi melalui kemudahan mekanisme cicilan yang disesuaikan dengan tingkat pendapatan. Juga golongan umur dan pembagian wilayah perumahannya,” kata Eko Wijaya.

Yang tak kalah penting, lanjut Eko adalah sumber pendapatan masyarakat Babel mesti ditingkatkan agar mampu memiliki rumah.

Misalnya dengan membuka lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM dan memberikan pelatihan keahlian tertentu.

Mengingat keberadaan rumah yang turut membentuk karakter seseorang, menurut Eko permasalahan masyarakat Babel yang belum memiliki rumah mesti diatasi segera.

Langkah awalnya dapat dimulai dengan mendengarkan aspirasi masyarkat yang menjadi modal untuk membuat payung hukum, jika memang dibutuhkan.

“Dengan banyaknya masyarakat Babel yang memiliki rumah nantinya, tentu akan membantu mewujudkan pemerataan perekonomian juga dan membentuk kekuatan mental dan karakter sumber daya manusia Babel yang berkualitas, yang dimulai dari rumah,” pungkas Eko Wijaya.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved