Natak Kampung Gubernur Babel Kunjungi Bekas TPA yang Hanya Berlantai Pasir

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengunjungi Taman Pendidikan Alqur'an (TPA) Najmatul Asman di Desa Lubuk, Bangka Tengah

Natak Kampung Gubernur Babel Kunjungi Bekas TPA yang Hanya Berlantai Pasir
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat berbincang dengan pengurus TPA Najmatul Asman di Desa Lubuk, Bangka Tengah, Kamis (24/1/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengunjungi Taman Pendidikan Alqur'an (TPA) Najmatul Asman di Desa Lubuk, Bangka Tengah, Kamis (24/1/2019).

Didampingi istrinya, Melati Erzaldi melalui program Natak Kampung memantau perkembangan pesat TPA yang saat ini mengajarkan sekitar 300 santri.

Dalam Natak Kampung kali ini, mulanya dirinya hanya direncakan untuk menyerahkan bus sekolah di dusun C2 Lubuk Pabrik kecamatan Lubuk.

Namun, saat mengunjungi rumah kades dan bercengkrama dengan masyrakat, dirinya diajak Bustami yang merupakan salah satu pengajar untuk melihat langsung perkembangan TPA yang dibinanya itu.

Sepanjang jalan menuju TPA, Erzaldi bercerita dirinya mengetahui keberadaan TPA ini pada tahun 2006 silam, hal ini karena Bustomi menghadangnya di jalan untuk melihat kondisi TPA yang jauh dari kata layak.

"Bustomi ini berani menghadang saya dulu di Jalan, dia tunjukkan ke saya kondisi TPA. Tapi bukan yang di sini, di pinggir jalan, TPA itu ukurannya sekitar 5×4, dindingnya kayu, lantainya pasir dan atapnya daun rumbia tapi ada sekitar 50 lebih anak-anak yang belajar," cerita Erzaldi.

Setelah melihat kondisi ini, dirinya berinisiatif untuk membantu dengan mencarikan lahan. Tak berselang lama, ada warga yang menghibahkan lahan untuk membangun TPA yang lebih layak.

"Alhamdulillah ada yang mau hibah tanah, akhirnya waktu itu kita bergotong royong, sama-sama masyarakat bangun lokal pertama untuk anak-anak TPA. Syukur sekali sekarang perkembangannya luar biasa," katanya.

Mantan Bupati Bangka Tengah itu, mengatakan pengurus TPA ini berencana akan membangun pesantren di kawasan itu.

"Masyarakat itu luar biasa, makanya ketika kita bisa mengajak mereka bekerjasama TPA ini contohnya, mereka bisa menimba ilmu agama di sini. Sekarang perkembangannya banyak, bahkan mereka mau bangun pesantren," katanya.

(BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved