Keunggulan Transmisi Manual All New Toyota Sienta Bikin Efisiensi Bahan Bakar Maksimal

All New Toyota Sienta dibekali transmisi manual 6-percepatan, karena di negara asalnya hanya tersedia CVT (Continuously Variable Transmission)

Keunggulan Transmisi Manual All New Toyota Sienta Bikin Efisiensi Bahan Bakar Maksimal
KOMPAS.com
Fitur drive in seat baris ketiga pada All New Toyota Sienta. 

BANGKAPOS.COM - Selain berbeda mesin dengan versi Jepang, Sienta yang dipasarkan di Indonesia juga punya ciri khusus.

Paling utama dan menarik, yaitu dibekali transmisi manual 6-percepatan, karena di negara asalnya hanya tersedia CVT (Continuously Variable Transmission).

Pemilihan transmisi tersebut, karena masyarakat Indonesia masih banyak yang suka dengan mobil manual. Namun, dikemas lebih modern lagi, yaitu 6-percepatan, sehingga mampu menawarkan efisiensi bahan bakar maksimal.

Transmisi manual tersebut dipadupadankan dengan mesin 2NR-FE yang sudah dirakit di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), di Karawang, Jawa Barat. Jantung pacu itu punya isi silinder 1.497 cc, empat silinder, 16 valve, DOHC, Dual VVT-i.

Kode 2NR-FE milik Sienta ini memiliki spesifikasi "F". Ini merujuk pada penggunaan dua camshaft atau DOHC (dual overhead camshaft). Sedangkan huruf "E" mengartikan Electronic Fuel Injection (EFI).

Daya yang dihasilkan mencapai 107 PS di putaran 6.000 rpm, dan torsi maksimum 14,3 Kgm, pada 4.200 rpm. Berkat mesin dan juga transmisi manual itu, diklaim bahwa minim getaran dan mampu menyuguhkan kenyaman bagi pengemudi sekaligus penumpang.

Bukan hanya itu, mesin tersebut juga menggunakan aluminium sebagai material utama, sehingga diklaim lebih ringan dan irit konsumsi bahan bakar.

Hadir dengan bodi compact (ringkas), boxy tapi tidak kaku, dan futuristik. Itulah kesan pertama melihat Toyota Sienta. Dengan desain ini, Sienta sukses menggoda konsumen dengan tampilan eksterior yang apik tersebut.
Sienta memang memiliki desain eksterior yang tidak biasa dan cenderung unik. Perubahan besar pada generasi kedua, namun masih mempertahankan sisi keunikan.

Balutan warna hitam membentuk garis pada bagian eksterior depan, samping dan belakang adalah ciri tersendiri. Untuk versi Jepang garis warna hitam pada eksterior ini terdiri dari dua pilihan warna yaitu Flex Tone dan Mono Tone. Versi Indonesia hanya menggunakan warna hitam saja atau warna Mono tone.

Hadir dalam empat pilihan yaitu Toyota Sienta Q sebagai line up tertingi, Toyota Sienta V dan G sebagai line-up tengah dan Toyota Sienta E sebagai tipe terbawah. Dari sisi eksterior dari empat tipe tersebut ada sedikit perbedaan dari fitur lampu dan juga desain pada bagian depan.

Desain depan gril radiator Sienta menggunakan desain yang mirip dengan model Toyota lainnya seperti Vios, Yaris atau Camry yaitu desain trapizondal atau seperti desain berbentuk huruf A. Untuk tipe tertinggi yaitu Sineta Q memiliki tambahan list crome pada bagian atas dan bawah plat kendaraan dan melingkari seluruh bagian grill dengan tambahan sporty aerokit. Sedangkan tipe G dan V menggunakan plating dan material corol sementara untuk tipe E tanpa list crome atau polos.

Fitur head lamp yang dimiliki Toyota Sienta untuk tipe Q menggunakan Bi Beam Led Projector dengan LED clearance lamp dan auto leveling. Sementara Sienta V, G dan E menggunakan projector halogen dengan manual leveling.

Bagian belakang dibalut dengan garnish warna hitam menyambung ke lampu belakang. Khusus untuk Sienta tipe Q juga sudah dilengkapi dengan Sporty Aerokits. Lampu belakang pada tipe Q menggunakan jenis LED dengan fitur LED Line Guide, untuk tipe selain Q menggunakan tipe conic Bulb. Semua tipe Sienta sudah dilengkapi sensor untuk memudahkan dalam memarkir kendaraan.

Sienta mengadopsi pintu geser power sliding door seperti NAV1, Alphard dan Vellfire. Pada tipe Q dan tipe V dilengkapi Sliding Door ( L=R) dengan Easy Closer. Tipe G menggunakan pintu sliding tipe L dan tipe E menggunakan pintu sliding manual. Tipe Q dan V menggunakan fitur smart entry, yakni dengan cukup menekan tombol pada handel pintu, sedangkan tipe G dan E menggunakan jack Knife key. (*)

Editor: rusaidah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved