Bakal Ada Penyeberangan Langsung Belitung Timur ke Pulau Kalimantan

"InsyaAllah 2020 sudah ada fisik konstruksi pelabuhannya. Dokumen perencanaan di Beltim sudah selesai nanti di Serdang

Bakal Ada Penyeberangan Langsung Belitung Timur ke Pulau Kalimantan
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, KA Tajjudin 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membuka akses jalur penyeberangan dari Belitung Timur ke Kalimantan menggunakan kapal roro.

Kepala Dinas Perhubungan Babel, KA Tajjudin mengatakan jarak Manggar, Belitung Timur ke Ketapang Kalimantan sekitar 120 mil.

Dengan kecepatan kapal roro 15 knot bisa ditempuh dalam waktu sekitar 10-12 Jam.

Tajjudin menjelaskan, dokumen perencanaan sudah dikerjakan oleh pemerintah Belitung Timur. Rencananya, pembangunan pelabuhan penyebrangan ini akan dibangun pada 2020 mendatang.

"InsyaAllah 2020 sudah ada fisik konstruksi pelabuhannya. Dokumen perencanaan di Beltim sudah selesai nanti di Serdang pelabuhannya," kata Tajjudin belum lama ini.

Pelabuhan ini untuk melayani penyeberangan orang, barang, dan kendaraan. Dengan adanya penyeberangan yang menghubungkan Babel dengan Kalimantan ini sebagai upaya untuk meningkatkan konektivitas tidak hanya di dalam Babel tapi juga ke Provinsi lain.

"Ketika jembatan penyeberangan terhubung, konektivitas bukan hanya internal babel tapi juga ke luar daerah, dan ini menjadi alternatif pilihan transportasi," ujarnya.

Dikatakannya, untuk konektivitas antar pulau di Babel Tanjung Gudang di Bangka dan Tanjung Ru di Bangka Barat direncanakan akan dioperasionalkan tahun ini.

"Sarana dan prasarananya sedang dipersiapkan baik di Belinyu maupun di Bangka Barat. Kita berharap 2019 ini sudah bisa operasional. Ini sedang dalam persiapan targetnya sebelum puasa," katanya.

Konektivitas di Bangka Selatan juga akan terhubung dengan Belitung melalui pulau-pulau kecil dengan rute Sadai, Lepar Pongok, Selat Nasik, Tanjung Ru.

"Selama ini langsung ini Sadai ke Tanjung Ru enggak transit. Rencana kita transit ke pulau lepar. Dikembangkan titik transitnya," katanya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved