Gubernur Babel Keluarkan Edaran Kurangi Sampah Plastik hingga Harus Jadi Nasabah Bank Sampah

Erzaldi Rosman mengatakan, dirinya telah mengeluarkan edaran kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengurangi penggunaan sampah plastik.

Gubernur Babel Keluarkan Edaran Kurangi Sampah Plastik hingga Harus Jadi Nasabah Bank Sampah
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Gubernur Babel Erzaldi Rosman bersama istri berfoto bersama dengan para penari sambut di Alun-alun Taman Merdeka, Sabtu (22/12/2018). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan, dirinya telah mengeluarkan edaran kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengurangi penggunaan sampah plastik.

Ia menyampaikan pihaknya telah mengeluarkan edaran untuk mengurangi penggunaan sampah plastik dan OPD maupun instansi vertikal nantinya akan menjadi nasabah bank sampah untuk pengelolaan sampah plastik.

"Masih boleh pakai bolesa, tapi saya menginstruksikan mengurangi bukan hanya OPD tapi juga instansi vertikal. Saya juga mewajibkan untuk menjadi nasabah bank sampah," kata Erzaldi, Senin (28/1/2019).

Menurutnya, dengan menjadikan OPD nasabah bank sampah sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan persampahan.

"Saya wajibkan OPD untuk jadi nasabah bank sampah, bank sampah di Benteng dan Padang Baru, nanti dicatat dan per tahun dibayar berupa uang. Khusus sampah plastik akan diolah," katanya.

Pembahasan soal persampahan ini juga menjadi salah satu pembahasan dalam Rakorgub beberapa waktu lalu. Ia mendorong kabupaten/kota untuk membuat perda terkait sampah plastik.

"Dalam rakor sudah saya sampaikan bupati/wali kota itu harus ada perda. Kami akan melakukan pembinaan mengelola sampah plastik, kami minta diimplementasikan di april," katanya.

Dirinya juga meminta agar TPS3R yang sudah dibentuk untuk segera diaktifkan kembali.

"Pengolahan sampah TPS3R itu dari 14 yang aktif cuma 4, padahal kelompoknya sudah dibentuk. Awalnya nanti April aktifkan 14," katanya.

(BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved