Restoran Penyumbang Pajak Terbesar di Kecamatan Pangkalan Baru, Mencapai Rp 5 Milyar

Pendapatan pajak Restoran di Kecamatan Pangkalan Baru paling tertinggi menyumbangkan pendapatan hasil pajak daerah untuk Kabupaten Bangka Tengah.

Restoran Penyumbang Pajak Terbesar di Kecamatan Pangkalan Baru, Mencapai Rp 5 Milyar
bangkapos/Riki Pratama
Kabid Pajak, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, Bangka Tengah, Gunawan. 

BANGKAPOS.COM -- Pendapatan pajak Restoran di Kecamatan Pangkalan Baru tertinggi menyumbangkan pendapatan hasil pajak daerah untuk Kabupaten Bangka Tengah.

Kecamatan Pangkalan Baru, memiliki sembilan item hasil pajak daerah yang dipungut oleh Pemerintah Daerah, seperti pajak restoran, reklame, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak air bawah tanah, pajak hiburan, pajak sarang burung walet, pajak parkir, pajak hotel dan pajak penerangan jalan.

Dari sembilan pajak tersebut, pajak restoran yang diketahui paling banyak menyumbangkan penghasilan daerah mencapai Rp 5 milyar lebih.

Berdasarkan laporan UPTD Pendapatan Kecamatan Pangkalan Baru, sebanyak 84 rumah makan atau restoran yang terdaftar.

"Restoran itu dari yang terkecil seperti rumah makan pecel lele, hingga restoran yang ada di hotel yang berada di Kecamatan Pangkalan Baru, kita pungut 10 persen dari omset mereka,"jelas Kabid Pajak, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, Bangka Tengah, Gunawan kepada wartawan, Senin (28/1/2019).

Ia menjelaskan realisasi pajak restoran pada tahun 2018 berdasarkan UPTD Pendapatan Kecamatan Pangkalan Baru mencapai, Rp 5.070.265.115 dan urutan kedua pajak hotel yang mencapai Rp 4.270.615.839.

"Pajak restoran dan hotel ini penyumbang pajak terbesar dari pajak lainya yang di pungut, dari sembilan item pajak daerah di Kecamatam Pangkalan Baru dan Pangkalan Baru juga penyumbang 40 persen hasil pajak daerah di Kabupaten Bangka Tengah,"ulasnya

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved